Dev Apex Legends Terkena Dampak PHK EA

Dev Apex Legends Phk

PHK massal lagi-lagi menjadi tren negatif yang tengah dialami beberapa perusahaan video game. Hal ini diketahui cukup berdampak besar bagi studio-studio perusahaan tersebut ke depannya, salah satunya adalah dev Apex Legends, Respawn Entertainment.

Walau sukses dengan game Battle Royale tersebut, studio tersebut rupanya terkena dampak PHK terhadap karyawannya baru-baru ini. Apa penyebabnya?

Karyawan Dev Apex Legends Terkena PHK

Beberapa staf Respawn terkena dampak PHK dari EA

PHK tersebut terjadi setelah pengumuman EA yang memberhentikan tenaga kerjanya. Aaron Stump selaku designer level mengunggah cuitan di akun X/Twitternya bahwa Respawn terkena dampak negatif tersebut.

Pada postingannya, ia mengungkap kekesalannya karena beberapa staf yang telah bekerja bersamanya selama tiga tahun diberhentikan. Tak hanya itu, pemimpin Global Social Media Apex Legends, Alex Ackerman juga terkena dampak PHK ini.

Melalui akun X/Twitter miliknya, Ackerman berkata telah bekerja selama 5 tahun di Respawn dan melewati 20 season Apex Legends ketika ia diberhentikan. Ia juga berusaha mendukung komunitas game dan itu berkesan baginya hingga saat ini.

Karena hal ini, Tyler Owens selaku Build Engineer Respawn Entertainment mengungkap kekecewaannya lewat akun X/Twitter. Di sana, ia “benar-benar patah hati” dengan adanya PHK di studio game tersebut.

Restrukturisasi Menjadi Penyebab PHK

Restrukturisasi jadi penyebab PHK

Usut punya usut, terjadinya PHK karyawan ini disebabkan adanya restrukturisasi dari EA. CEO EA sendiri juga menekankan adanya keinginan beralih dari pengembangan IP berlisensi, yang tentunya tidak berdampak pada game yang sedang dikembangkan saat ini, Black Panther dan Iron Man.

Restrukturisasi ini (termasuk redudansi) diperkirakan menelan biaya hingga ratusan juta Dolar oleh EA. Hingga artikel ini ditulis, belum ada detail info berapa banyak orang yang diberhentikan dari Respawn sebagai bagian dari PHK EA.

Meski begitu, hal ini tidak mempengaruhi pengembangan game Star Wars baru, yang mana masih dalam tahap pengembangan.

Cukup banyak PHK di industri game dalam beberapa bulan terakhir, dan fenomena ini mungkin tidak akan melambat dalam waktu dekat. Bagaimana menurutmu tentang hal ini, Brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version