Dev. Ark: Survival Evolved Tawarkan $4000/bulan untuk Modder Terpilih

in ,

Apakah modder harus dapatkan kompensasi dari hasil karyanya? Beberapa perusahaan seperti Valve berkata iya, namun tidak demikian untuk gamer PC sendiri. Modder berhak meminta donasi dari penggunanya, khususnya apabila dia membuat sesuatu yang ambisius, namun membayar untuk menggunakkan mod sendiri masih menjadi sesuatu yang banyak tidak disetujui oleh gamer PC.

Valve yang biasanya dipuja oleh banyak gamer PC menjadi bahan makian saat mereka mencoba untuk memperkenalkan sistem ini ke khalayak umum. Dan meskipun gagal di percobaan pertama, Gabe Newell ungkapkan masih tertarik untuk membawa sistem itu kembali karena merasa Modder memang harus dapat bayaran atas karyanya.

Developer dari Ark: Survival Evolved, Wildcard Studio, setuju dengan pendapat Gabe Newell ini. Mereka merasa modder memang harus mendapatkan semacam hadiah dalam bentuk uang atas kerja keras mereka, karena alasan ini mereka ingin untuk membuka program dimana modder dapat mendapatkan penghasilan telah membantu mereka membuat mod yang menarik, namun dengan cara yang berbeda dengan apa yang dilakukan Valve.

Dilansir dari artikel yang dibuat PC Gamer, lead programmer dari Ark: Survival Evolved yaitu Jeremy Stieglitz menjelaskan bahwa lewat program ini mereka akan memilih 15 modder terpilih dan memberikan mereka gaji $4000/bulan hingga mod tersebut selesai. Dengan program ini, mereka harap modder dapat terus bersemangat atas proyek mereka dan dapat menjadi penghasilan tersendiri untuk mereka agar mod yang mereka buat bisa 100% complete nantinya.

Tiap bulannya mod yang terpilih untuk disponsor bisa saja berganti, tergantung dari feedback pemain sekaligus keputusan dari Cedric Burkes, karyawan Wildcard yang dulunya juga modder dari Primitive Plus yang kini telah jadi DLC resmi. Dari kedua faktor ini, Wildcard akan terus mencari modder lain untuk menggantikan yang sebelumnya. Jumlah modder yang disponsori ini bisa saja diperbanyak apabila 15 modder yang terpilih benar-benar melakukan kerja mereka dengan baik dan Wildcard kesulitan untuk melepas siapa di antara mereka.

Wildcard juga menjelaskan bahwa mereka tak mau memaksa modder yang terpilih ini untuk terus mengurus proyek mereka selamanya. Apabila salah satu modder ingin berhenti dari program ini, dia diperbolehkan saja tanpa paksaan apapun. Namun mereka diharuskan untuk memberikan source asset dari mod tersebut ke mereka agar mereka sendiri yang dapat mengurus mod tersebut, hal yang sama berlaku untuk modder yang sudah selesaikan mod mereka dan tak ada waktu untuk memperbarui mod tersebut karena keberadaan patch baru.

Berikut ini adalah 15 modder pertama yang terpilih untuk program sponsor dari Wildcard.

NPC Bush People by Swords
Scorched Earth Decor, RP Decor, eco In Wonderland, and ecoTrees by eco
Ragnarok by Excited Kangaroo
Structures Plus, Platforms Anywhere, Platforms Plus by orionsun
Steampunk Mod by iSpeZz
Roraima by Jeff
Castles, Keeps, and Forts Architecture by enc | ExileAcid
Survival Plus by Tao
Ark Moon Survival by DavidBC
Shigo Islands by ExilogUploader
Madagascar Evolved by Hey my team rules!
Thieves Island and Skies of Nazca by Tkat5200
MRRadTools.Inc by MRRadioactiv
Ark Postal Service and Offline Raid Protection by jslay
Advanced Admin Command Menu by Woeful Macabre

Source: PC gamer

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.