Dev. Cyberpunk 2077: Tidak Ada Tempat untuk Akhir Bahagia

Easter Egg Cyberpunk Edgerunners Cyberpunk 2077

Segala hal yang memiliki awal tentu akan memiliki akhir, dan tentunya banyak dari kita mengharapkan sesuatu tersebut akan memiliki akhir yang baik. Well, hal yang sama agaknya tidak bisa dikatakan pada sajian cerita dalam game Cyberpunk 2077 garapan CD Projekt Red.

Pada bagian ini seterusnya mungkin akan mengandung spoiler terkait segala hal yang berhubungan dengan Cyberpunk 2077. Disarankan untuk tidak melanjutkan membaca bila belum pernah memainkan gamenya.

Bila kamu sudah pernah beberapa kali menyelesaikan gamenya dan mengincar ending yang berbeda, mungkin menyadari bahwa tidak benar-benar ada akhir yang bahagia bagi V sang protagonis. Salah satu ending-nya yang kerap dianggap komunitasnya sebagai outcome terbaik pun bisa dikatakan tetap tragis.

Judy Alvarez (via Cyberpunk 2077)

Magda Zych selaku penulis senior di CD Projekt Red belakangan berikan komentar (via Gaming Bolt) tentang suramnya dunia game yang berangkat dari Cyberpunk 2020 karya Mike Pondsmith tersebut. Ia menyadari bahwa tidak sedikit orang mungkin kecewa karena tidak adanya “akhir bahagia”, bahkan pada ekspansi terbaru dan terakhirnya; The Phantom Liberty.

Kami selalu berusaha agar game kami dapat memberikan ilusi realita yang terbaik, dan seperti yang kita tahu, tidak semua cerita nyata selalu memiliki akhir yang bahagia.

Bagi saya, walau suatu cerita berakhir suram bukan berarti hal tersebut tidak menarik untuk dialami (tidak secara langsung). Saya rasa justru sebaliknya — hal tersebut lebih terasa relevan karena benar adanya.

Magda Zych

Tidak hanya dalam video gamenya saja, proyek adaptasi animenya — Cyberpunk: Edgerunners yang bekerja sama dengan Studio Trigger-pun bisa dikatakan miliki akhir yang jauh dari kata bahagia.

Secara tidak langsung hal ini juga menandakan agar fans bersiap-siap untuk kembali merasakan kesedihan mendalam dan luka batin saat menyelesaikan game-game atau adaptasi medium lain dari semesta Cyberpunk lainnya di waktu mendatang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Cyberpunk 2077 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version