Dev Disintegration, V1 Interactive Tutup Usia

in , , ,
Perjuangan game mereka hanya sebentar.

Industri kreatif memang miliki jalan yang sangat fluktuatif di sepanjang jalannya. Bahwa jika pelaku industri tidak segera lakukan inovasi yang juga bisa dibarengi dengan mengikuti tren yang ada, maka mereka akan langsung tertinggal oleh semua pesaingnya yang selangkah lebih maju.

Tentu saja menutup sebuah usaha berdasarkan industri tersebut merupakan hal yang tidak diinginkan oleh pelakunya. Namun hal tersebut terpaksa dilakukan jika sudah menjadi jalannya. Inilah yang terpaksa dilakukan V1 Interactive.

Studio besutan salah satu mantan petinggi Bungie tersebut mengumumkan bahwa hari ini mereka resmi menutup bisnisnya. Perjalanan mereka selama lima tahun yang menelurkan Disintegration, game sci-fi shooter dengan elemen tactical harus berakhir tak sampai satu tahun sejak gamenya dirilis.

Presiden V1 Interactive, Marcus Lehto yang juga menjadi Game Director Disintegration pastikan karyawan dan fansnya bahwa mereka tidak menyembunyikan kejadian apapun dari mereka yang bekerja di studionya. Lehto juga memastikan karyawannya mendapatkan cukup banyak waktu untuk mendapatkan pekerjaan baru sembari membantunya.

Disintegration rilis bulan Juni 2020 yang lalu, sesaat setelah lockdown diberlakukan. Gamenya miliki premis sci-fi yang menarik, namun gagal mengumpulkan player demi mempertahankan matchmakingnya. Hasilnya? Mereka mau tak mau harus menutup servernya bulan November kemarin. Meskipun begitu, ia miliki cerita, karakter, dan cerita yang menarik dari berbagai sisi.

Marcus Lehto, pendirinya merupakan orang yang telah lama bekerja di bawah Bungie selama 15 tahun. Ia adalah salah satu orang di balik kunci kesuksesan franchise Halo di masa lalu karena tanpanya konsep game eksklusif Microsoft tersebut takkan terjadi.

Meskipun studio dan servis multiplayernya telah ditutup, namun Disintegration masih bisa dibeli untuk mode single-playernya.


Baca lebih lanjut tentang Disintegration, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.