Dev. Football Manager: FM Pada Dasarnya Adalah RPG dengan NPC Terbanyak

in ,

Football Manager menjadi game yang memberikan perspektif berbeda dari genre sepak-bola. Ketimbang bermain sebagai 11 pemain di lapangan, kamu bermain sebagai manager di luar lapangan dan menentukan semua strategi dan keputusan sepanjang pertandingan dan di luar pertandingan. Game ini tergolong sangat kompleks dan mungkin banyak dipandang orang lain membosankan karena akan banyak teks, stats dan management yang harus kamu perhatikan. Tetapi kompleksitas inilah yang membuat franchise ini masih hidup hingga sekarang ini.

Miles Jacobson, Bos dari Sports Interactive juga percaya bahwa kompleksitas inilah yang membuat game mereka menarik. Banjirnya stats, traits dan interaksi lainnya membuat game ini bagaikan game RPG baginya.

“Saya rasa Football Manager itu adalah game strategi, tetapi juga RPG. Ini adalah game RPG dengan NPC paling banyak dari RPG lainnya yang ada di planet ini. Ini adalah RPG yang membiarkanmu membuat cerita sendiri, tidak ada jalan cerita linear di Football Manager, dan tiap permainan selalu berbeda. Kamu bermain sebagai manager sepak bola ketika kamu mainkan game, dan kamu lakukan semua hal yang manager bola lakukan di dunia nyata. Maka dari itu game ini seharusnya puaskan nafsu gamer RPG dan strategi di waktu yang sama.”

“Tapi tentu saja ini masih game sepak bola. Saya sendiri juga tidak memainkan game tertentu apabila saya tidak menyukai latar dan temanya – saya jujur saja tidak terlalu gemari elf dan orc, tidak pernah menyukai hal tersebut sama sekali. Maka dari itu Lords of the Ring MMO bukanlah game yang tepat untuk saya.”

Dengan kebanyakan orang memandang sekuel tiap tahun dari game ini tidak tawarkan banyak perubahan signifikan. Gamer terkadang merasa malas untuk membeli yang baru dan tetap pada seri yang lama. Jacobson ungkap bahwa dirinya mengerti hal tersebut dan dirinya tidak memaksa untuk fans segera membeli sekuel tahun ini. Namun dirinya menyarankan untuk setidaknya mencoba versi demo dari game tahun ini agar mereka dapat melihat sendiri apa saja yang telah diubah. Apabila tidak senang, tidak perlu dibeli dan jika sebaliknya, mereka tidak memaksakan untuk segera beli.

Football Manager 2019 akan dirilis 20 November mendatang untuk PC. Versi mobile yang tergolong lebih casual juga akan dirilis bersamaan dengan versi PC.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.