Dev. God of War: Game Single-Player Takkan Pernah Mati

in ,

Dengan kepopuleran game fokus multiplayer yang semakin tinggi, sebuah pernyataan muncul dari publisher besar apabila “gamer tidak menginginkan game single-player lagi” pada tahun 2017 lalu. Pernyataan tersebut menjadi pernyataan yang kontroversial hingga membuat developer yang fokus dalam game single-player untuk keluarkan opini mereka. Cory Barlog, sutradara dibalik God of War 2018 menjadi sosok terbaru yang keluarkan opininya atas ungkapan tersebut.

Lewat interview bersama IGN, Cory Barlog ungkapkan bahwa dirinya merasa pernyataan “matinya single-player” sebagai sesuatu yang berlebihan. Dirinya bahkan menganggap bahwa single-player kini telah hidup kembali menjadi lebih baik layaknya burung phoenix dengan inovasi-inovasi baru yang hadir dalam beberapa tahun terakhir.

“Game single-player bagaikan phoenix saat ini,” jelas Balrog. “Game (single-player) terus berubah karena kreatifitas yang berbeda-beda dari orang yang terlibat dalam pembuatan game tersebut dan berkata ‘saya punya ide gila ini.’ “

Beliau menganggap game multiplayer dan single-player miliki tempatnya masing-masing dalam industri game, meski dengan popularitas genre tertentu, single-player akan tetap terus ada. Sebuah genre tertentu mungkin akan naik daun dan menguasai industri game dalam waktu tertentu layaknya Battle-royale yang saat ini sedang dikuasai oleh PUBG dan Fortnite, namun seiring waktu berjalan, popularitas genre ini akan hilang dan digantikan dengan genre trend yang baru.

“Ini bukan soal kompetisi antara multiplayer dan single-player, ini bukan soal salah satu dari keduanya mati ataupun hidup, bukan? Ini adalah Schrödinger’s catKeduannya hidup dan mati bersamaan dan akan terus seperti itu. Dan pasti akan ada pasang surut dan alir sepanjang berjalannya waktu.”

Dengan populernya esport dan game kompetitif, Cory Barlog diberikan pertanyaan apakah dirinya tertarik untuk terlibat dalam proyek game seperti itu. Dirinya dengan tegas menjawab tidak. “Saya tidak mau kerjakan game apapun yang tidak punya komponen cerita didalamnya karena itulah undian bagi saya,” tutur Barlog kepada IGN. “Kompetisi tidaklah menarik perhatianku. Bukannya saya mengatakan bahwa game dengan unsur kompetitif itu buruk, hanya saja itu bukan hal yang ingin kulakukan.”

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.