Dev. Indie Ancam Blacklist Sebuah Website Gaming Karena Tak Mau Review Jelek

in

Review game dari media jurnalis gaming memang selalu ada saja kontroversinya. Terkadang orang berpikir bahwa penulis review disogok oleh publisher game biar game tersebut diberikan rating besar. Tapi tak jarang juga penulis malah diancam oleh developer apabila mereka memberika review negatif, inilah masalah yang dihadapi oleh COGconnected kemarin.

Developer dari game sci-fi shooter yaitu Dead Effect 2, BadFly Interactive, ketahuan telah mengancam akan blacklist sebuah website gaming dari Kanada apabila website memberikan review negatif kepada game Dead Effect 2 yang baru saja dirilis ke console hari ini.

Mereka mengirimkan email kepada website tersebut untuk memberikan review code kepada mereka agar dapat dibuat review atau preview soal game tersebut. Hal ini sudah biasa terjadi di dunia jurnalis gaming, khususnya dari developer-developer indie seperti BadFly. Akan tetapi mereka tak menyangka bahwa di email yang sama tersebut juga berisi sedikit ancaman dari pihak developer. Berikut adalah isi email dari BadFly Interactive:

“Izinkan saya mengingatkan Anda satu hal: Ini adalah sebuah game indie, yang sayangnya, sering dibanding-bandingkan dengan game bermodal besar, dan hal tersebut benar-benar menjadi sebuah masalah besar dan sering merusak rating akhir nanti. Tolong dipertimbangkan kembali bahwa game kami ini hanya dibuat oleh sebuah tim developer kecil (berisi 11 orang) yang hanya mencoba untuk membuat game shooter yang bagus, hanya itu saja kemauan kami. Sayangnya banyak jurnalis yang terlalu berharap banyak, dan hal tersebut amat menyakiti perasaan kami.”

Sampai disini mungkin masih terlihat biasa saja dan malah mungkin kita merasa simpati sedikit dengan isi pesan dari BadFly Interactive ini. Tetapi kalimat terakhir dari pesan ini yang membuat COGconnected langsung memutar perasaan mereka 180 derajat .

“Dan juga, kami sedang kerjakan beberapa game lain yang tentunya sangat menarik, jika review atau preview yang Anda tulis tentang Dead Effect 2 sangatlah negatif, Anda tidak akan menerima apapun lagi dari kami untuk kedepannya.”

Artikel yang dibuat COGconnected ini langsung menarik perhatian banyak pembaca di internet dan dalam hitungan menit langsung dipenuhi oleh komentar negatif kepada developer. Bahkan keberadaan artikel ini langsung membuat halaman Steam game ini dihiasi beberapa review negatif sebagai sindiran ke developer.

Tak perlu waktu lama setelah artikel ini disebarkan di internet, pihak BadFly langsung menghubungi kembali penulis artikel tersebut via email. Pada email tersebut sang developer mengakui telah berbuat kesalahan besar dan Mereka juga menjelaskan bahwa mereka hanya peduli akan game yang ciptakan, dan maksud dari pesan mereka sebelumnya adalah meminta siapapun yang akan membuat review game tersebut nanti untuk memandang sebelah mata game tersebut karena kualitas yang tak sebagus game AAA.

Mereka juga telah meminta maaf lewat Twitter, namun tentu saja internet takkan lupa kesalahan mereka begitu saja, dan mungkin akan butuh waktu lama untuk mereka untuk membersihkan kembali citra mereka di hadapan gamer.

Source: Eurogamer

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.