Dev. Indie Prediksi Ukuran File Game Next-Gen Bisa Saja Meroket dengan Unreal Engine 5

Unreal+engine Blog A First Look At Unreal Engine 5 Ue5 Announcement Feed Large 1920x1080 8c8ab609059186399d92ca5dc8a748e62880e0e7

Besar file game dalam 5 tahun terakhir bisa dibilang naik drastis dari generasi terdahulunya. Kini, gamer mulai terbiasa ketika game terbarunya menghabiskan isi storage hingga 100GB lebih. Call of Duty: Modern Warfare kini menembus angka 200GB apabila diunduh bersama mode Warzone. Dengan generasi baru segera hadir, gamer mulai bertanya-tanya apakah besar file akan lebih besar lagi atau lebih dikompres karena penggunaan SSD.

Tampaknya masalah besar file game tidak akan membaik saat PS5 dan Xbox Series X rilis mendatang, setidaknya itu yang dispekulasi oleh developer dari studio kecil bernama Kitatus and Friends. Ryan Shah, programmer utama sekaligus CEO dari studio asal Inggris tersebut mengatakan bahwa ukuran file game bisa saja meroket, setidaknya untuk game dengan Unreal Engine 5. Hal tersebut dikarenakan salah satu fitur utama dari engine baru milik Epic Games ini ialah mudahnya developer memasukan asset kelas film CGI ke dalam game.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

“… Saya rasa kita telah miliki teknologi di Unreal Engine 5 dimana kita mampu menggunakan mesh, tekstur dan hal semacam itu dari sumber aslinya, besar file game akan meroket akibat hal tersebut dan memberikan tantangan baru kepada kami.”

Apabila prediksi dari Ryan Shah benar, maka keterbatasan storage akan menjadi masalah besar untuk console next-gen. Kedua console miliki kapasitas yang terbatas, Xbox Series X miliki kapasitas 1 TB pada SSD mereka, dan PS5 miliki 825 GB. Apabila tiap game besarnya sama seperti Call of Duty: Modern Warfare atau Red Dead Redemption, maka console hanya mampu menampung 4-6 game yang tentu saja sedikit. SSD masih menjadi “barang mewah” saat ini dan mematok harga tinggi, maka tentu gamer akan berharap optimisasi optimal dapat dilakukan oleh developer pada game next-gen mereka.


Exit mobile version