Dev. League of Legends Tuntut Mobile Legends Atas Pelanggaran Hak Cipta

background

Apabila kamu tidak tidur di gua dalam 1 bulan terakhir, kemungkinan besar kamu telah mengenal game Mobile Legends yang saat ini sedang populer di Indonesia. Game dari Moonton Technology ini seketika membuat para gamer mobile yang awam dengan genre MOBA menjadi tahu.

Game secara sekilas terlihat mirip dengan game MOBA populer dari Riot GamesLeague of Legends. Dan melihat kini game ini mendapat popularitas yang tinggi, Riot langsung mengambil aksi. Dilansir dari PVP live, Riot Games tengah menuntut Moonton karena dianggap telah meniru game mereka. (Court file bisa diambil disini)

Dalam tuntutannya, Riot mengklaim Mobile Legends telah mengkopi map Summoner’s Rift serta, musuh, tower, font, dan karakter champion dari game mereka.

Tak hanya Mobile Legends, Riot juga telah menuntut game mobile MOBA lainnya yang dibuat oleh Elex yaitu Magic Rush: Heroes. Sama seperti Mobile Legends, game tersebut juga diklaim telah mengkopi League of Legends di berbagai aspek game bahkan pada karakter di game.

Ini bukan kali pertama Riot Games mencoba untuk mematikan Mobile Legends, sebelumnya mereka pernah melaporkan Google untuk menghapus game tersebut dari katalog Google Play pada Agustus 2016 silam. Google tidak menghapusnya, namun Moonton dengan sendirinya menghapus game tersebut sebelum merilisnya kembali beberapa bulan kemudian dengan nama “Mobile Legends: Bang Bang”. Bersamaan dengan nama baru ini, Moonton juga mengubah beberapa artwork game yang dilaporkan oleh Riot sebagai plagiat.

Perubahan yang dibawakan oleh Moonton masih terlalu minim untuk membuat Riot bisa bebaskan mereka. Tencent, pemiliki Riot sekarang juga saat ini miliki game mobile MOBA mereka sendiri berjudul – Honor of Kings, maka aksi yang diambil Riot ini juga bisa dikatakan sebagai aksi mereka untuk berkompetisi dengan rival.

Jadi, bagaimana nasib game mobile MOBA yang baru saja naik daun ini? Apabila kamu sedang asik bermain game satu ini, jangan terkejut apabila game tiba-tiba hilang dari Playstore atau pun terjadi perubahan besar-besaran dari game setelah keberadaan informasi ini.

Source: PVP Live


Update 11/7/2017, 7.00 pm: Ya, kami tahu dan kami sudah baca. Fanpage official dari Mobile Legends baru saja mengeluarkan pernyataan apabila Moonton mengembangkan game mereka “secara independen”, dan hak cipta mereka telah “terdaftar dan dilindungi di seluruh dunia.

Belum ada konfirmasi tambahan dari pihak Riot Games untuk sekarang ini. Kami akan segera menginformasikan kalian apabila muncul kelanjutan dari berita ini.

Exit mobile version