Bikin Rugi, Dev Oddworld Soulstorm Menyesal Gratiskan Gamenya di PS Plus

Dev Oddworld Soulstorm Menyesal Pernah Gratiskan Gamenya Di Psplus

Pengakuan dev Oddworld Soulstorm menyesal gratiskan gamenya di PS Plus membuktikan bahwa hal tersebut tidak selalu menguntungkan bagi para pengembang game. PlayStation Plus atau biasa disingkat PS Plus sendiri merupakan layanan dimana salah satu fiturnya yakni mendapat beberapa koleksi game gratis di setiap bulannya.

Kekecewaan developer dikatakan datang dari jumlah pemain yang mengklaim gamenya, dimana tidak setara dengan jumlah uang yang dibayar oleh Sony ke developer untuk memasukan gamenya ke dalam event PS Plus. Tak hanya itu, developer juga mengaku terdapat faktor-faktor lainnya yang membuat mereka merasa semakin rugi dengan digratiskannya game.

Tak Sesuai Ekspektasi, Dev Oddworld Soulstorm Menyesal Gratiskan Gamenya

Dev Oddworld: Soulstorm Menyesal Pernah Gratiskan Gamenya

Melalui podcast Xbox Expansion Pass, Lorne Lanning yang dikenal sebagai kreator dari seri Oddworld menyatakan alasan dirinya merasa rugi pernah mengratiskan gameya di PS Plus di bulan April 2021 silam. Menurutnya, data menunjukan bahwa game Oddworld: Soulstorm yang digratiskan telah diunduh sebanyak 4 juta kali. Jumlah tersebut melebihi ekspektasi developer yang awalnya mengira game mungkin hanya akan diklaim sebanyak 50.000 hingga 100.000 kali saja.

Sayangnya, angka tersebut tidak sebanding dengan bayaran yang diberikan oleh Sony kepada pihak developer untuk menggratiskan gamenya di PS Plus. Jumlah uang yang diberikan oleh Sony memang tidak diberi tahu secara pasti, namun hal itu tetap membuat developer merasa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan untung yang lebih besar apabila dari 4 juta pemain tersebut membeli gamenya dan bukan mengklaimnya secara gratis.

Perlu diketahui juga bahwa pendapat tersebut hanyalah spekulasi sang developer saja. Karena belum tentu juga game mampu mendapat jumlah pemain yang sama apabila tidak digratiskan. Terlebih game gratis pastinya akan selalu diklaim oleh banyak pemain, bahkan mungkin bagi pemain yang awalnya tidak tertarik untuk membeli maupun memainkan gamenya.

Meski Menyesal, Developer Terpaksa Harus Tetap Menerima Tawaran Sony

Bikin Rugi, Dev Oddworld Soulstorm Menyesal Gratiskan Gamenya di PS Plus 5

Meskipun developer mengaku merasa rugi dengan digratiskannya game, sayangnya hal tersebut terpaksa harus tetap dilakukan. Saat itu, developer dikatakan tengah terjerat masalah finansial untuk menyelesaikan game yang belum 100% rampung. Di tengah masalah, kebetulan mereka mendapat tawaran dari Sony dengan sejumlah uang untuk menggratiskan gamenya di PS Plus.

Karena tak ada jalan lain, developer pun akhirnya menyetujui tawaran Sony tanpa memikirkan resiko demi menyelesaikan pengembangan game. Developer juga mengira bahwa kemungkinan pemain yang mengklaim gamenya secara gratis tidak terlalu banyak, mengingat saat itu konsol PS5 masih cukup langka di pasaran.

Dev Oddworld Soulstorm Menyesal Gratiskan Gamenya

Tanda diduga, jadwal perilisan game juga sempat diundur selama 3 bulan dari Januari ke April karena situasi pandemi Covid-19. Pada kurun waktu 3 bulan tersebut, penjualan PS5 juga semakin beredar luas. Hal itulah yang diduga menjadi alasan game diklaim sebanyak 4 juta kali, melebihi ekspektasi yang awalnya diduga hanya akan diklaim sebanayk 50,000 sampai 100,000 kali saja.

Meskipun begitu, gratisnya game di PS Plus juga tak selalu merugikan developer. Contohnya seperti Mediatonic selaku pengembang dari game Fall guys yang menyatakan bahwa berkat PS Plus, gamenya dapat meraih kesuksesan besar, bahkan tak hanya di konsol PlayStation namun juga merambat ke platform lainnya. Sehingga, diperkirakan kerugian yang dialami oleh developer Oddworld disebabkan oleh kondisi dan waktu yang kurang tepat. Mudah-mudahan saja, kerugian tersebut dapat menjadi hikmah pelajaran bagi developer untuk kedepannya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Oddworld: Soulstorm serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version