Dev. PUBG Larang Penggunaan Reshade Setelah Anti-Cheat Baru Selesai

pic 48

Sebagus apapun visual sebuah game, selalu ada golongan gamer yang tidak puas ataupun tidak senang dengan desain yang dipilih oleh developer. Hal inilah yang mendorong munculnya mod ataupun program enchancer pada PC gaming yang dapat ubah visual dari sebuah game yang tak jarang mengubah keseluruhan style visual yang dimiliki game tersebut.

Pada komunitas PlayerUnknown’s Battlegrounds, Reshade menjadi program populer untuk mengotak-atik visual di game. Program ini digunakan untuk mengubah tingkat kontrast, saturasi, dan aspek warna lainnya yang ada di game. Keberadaan program ini pada dasarnya tidak merugikan pemain lain. Kreator dari game ini – Brendan ‘PlayerUnknown’ Greene sendiri sebelumnya memperbolehkan pemakaian program ini dan pastikan takkan membuat pemain terkena banned. Namun dengan jumlah cheater yang terus bertambah parah, serta banyak pemain yang komplain jika program ini bisa membuat visibility musuh lebih mudah, PUBG Corp tampaknya akan segera melarang penggunaan program tersebut.


Baru-baru ini, PUBG Corp telah bereksperimen dengan program anti-cheat baru mereka selama 2 patch terbaru ini. Community Coordinator dari forum PUBG atas nama PUBG_RoboDanjal mengungkapkan jika anti-cheat baru ini akan lebih efektif dalam mendeteksi program curang. Namun tak hanya program curang saja yang akan diblokir, akan tetapi juga “3rd party program yang dapat mengubah gameplay sekaligus visual”. Reshade menjadi salah satu program yang dimaksud dalam konteks tersebut.

Nvidia baru-baru ini merilis fitur baru yaitu Nvidia Freestyle untuk kebanyakan semua graphic card mid-end keatas yang dimana PUBG termasuk salah satu game yang mendukung program ini. Nvidia Freestyle berfungsi untuk menambahkan filter tertentu pada visual game selama bermain, konsep yang tak jauh berbeda dengan program Reshade. Apakah fitur tersebut juga akan ikut diblokir oleh anti-cheat terbaru yang sedang dikerjakan PUBG Corp? Belum ada penjelasan untuk saat ini.

Source: Polygon

Exit mobile version