Dev. Quantum Break: Game Single-Player AAA Semakin Mahal Dibuat, Jumlah Pembeli Tak Berubah

Remedy Entertainment1 1

Debat akan apakah game single-player masih menguntungkan untuk industri game sempat menjadi debat panas di tahun 2017 kemarin. Dengan EA matikan Visceral Games – studio dibalik Dead Space, serta proyek mereka kini difokuskan ke aspek multiplayer, EA menganggap jika gamer sekarang sudah tak mau membeli game single-player lagi. Remedy Entertainment – developer dari Max Payne, Alan Wake dan Quantum Break tampaknya berpendapat hal yang sama dengan game mereka selanjutnya kini tak lagi usung single-player sinematik yang menjadi ciri khas mereka dan akan beralih membuat game multiplayer co-op.

Thomas Puha, kepala komunikasi dari Remedy Entertainment ungkapkan alasan dari perpindahan fokus tersebut kepada Gamesindustry.biz. Lewat interview tersebut beliau mengatakan jika “game single-player AAA tradisional” seperti Alan Wake dan Quantum Break kini makan biaya 10x lipat saat ini dan jumlah pembelinya sama saja.

“Kenyataannya adalah game single-player AAA tradisional kini terlalu mahal untuk dibuat. Ekspektasi dari gamer saat ini terlalu tinggi untuk masalah berapa lama durasi game, fitur apa yang dimiliki game, dan seberapa bagus produksi game. Semua hal tersebut butuh banyak biaya. Jika kita bandingkan dengan 10 tahun yang lalu, kamu bisa katakan jika tingkat pasar (untuk single-player) sama saja. Pada akhirnya, jumlah audiensnya tak berubah tetapi biaya pembuatan gamenya bisa capai 10x lipat saat ini.”

Dari segi creative design juga game single-player menjadi salah satu yang paling sulit dieksekusi. Developer harus benar-benar pikirkan sesuatu yang kreatif yang mampu membuat pemain betah memainkan game mereka dalam waktu lama dengan konsep level linear yang mereka usung, hal tersebut dapat memakan waktu yang lama dan berujung pada biaya yang lebih besar juga.

“Disaat kami membuat Alan Wake, kami benar-benar habiskan banyak waktu untuk membuat karakter, dunia, peraturan, dan semuannya. Hal tersebut dilakukan agar membuat pemain ingin habiskan waktu di game lebih lama lagi, dan hal tersebut sangat sulit dilakukan untuk game single-player tradisional (linear).”

Remedy Entertainment habiskan 5+ tahun untuk selesaikan satu game. Alan wake butuh 7 tahun dan Quantum Break membutuhkan 6 tahun untuk bisa diselesaikan, sayangnya kedua game tak miliki penjualan yang spektakuler di awal rilis. Quantum Break sempat dianggap gagal total saat awal-awal rilis meskipun Microsoft mengatakan penjualan game tersebut berjalan lancar. Kini kita lihat saja apakah game mereka selanjutnya akan terjual lebih baik dengan fokus multiplayer mereka.

Source: GamesIndustry.Biz

Exit mobile version