Dev Game Sengaja Desain Progres Loading Bar di Game Terlihat ‘Stuck’

Loading Bar Di Game

Gamer mungkin sudah tidak asing lagi dengan loading bar pada sebuah game. Terkadang sebuah loading bar terlihat memperlihatkan angka persenan untuk menandakan kalau game tersebut sedang memuat aset game.

Seperti yang kalian tahu, progres loading bar di game itu tidak mulus seperti jalan tol melainkan sering macet pada titik atau persenan tertentu. Hal ini memang selama ini kita anggap lumrah karena kita beranggapan kalau ketika game tersebut terlihat stuck, maka yang sedang terjadi adalah game sedang memuat aset yang besar ukurannya. Ternyata kita dibohongi selama ini.

Developer Ungkap Gamer Tidak Percaya Loading Bar di Game yang Terlihat Mulus

Loading di game

Menurut tweet seorang developer game Indie, kalau gamer tidak mempercayai loading bar yang terlalu smooth atau halus. Karena ketika mereka melakukan desain game, progress bar tersebut dibuat kadang terlihat diam atau ‘stuck.’

Cuitan ini sebenarnya balasan dari cuitan seorang komedian Alasdair Beckett-King yang meminta developer game untuk membuat loading di game menjadi smooth terlebih dahulu, baru berlanjut pada desain game yang lainnya seperti grafis.

Beberapa Developer Lain juga Konfirmasi Hal Ini Benar

Loading di Warcraft 3

Barulah cuitan ini dibalas oleh Mike Bithell sang indie developer tadi. Dia menambahkan kalau pause dan stutter yang terlihat di loading itu memang sengaja dibuat agar terlihat ‘menggigit’ Dia sendiri sudah beberapa kali melakukan hal ini di game yang dia ciptakan.

Pernyataan Mike ini juga kemudian dikonfirmasi oleh Rami Ismail yang mengiyakan kalau loading di game terkadang memang sering dipalsukan. Dia juga mengatakan kalau tidak mau membuat progress bar menjadi mulus.

Now Loading

Greg Street mantan orang di Riot Games juga mengatakan kalau loading di map acak Age of Empires adalah pekerjaan dia dengan menuliskan koding ‘bergerak ke 20%’ pada skrip game. Berarti trik seperti ini sudah cukup lama diimplementasikan oleh developer game.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version