Dev. Shadow Gambit, Shadow Tactics dan Desperados 3 Akan Tutup Studio

Dev Shadow Gambit Shadow Tactics Mimimi Games Tutup

Jika berbicara tentang developer yang secara berkala merilis game berkualitas, maka saya ingin menobatkan Mimimi Games sebagai salah satu di antaranya. Namun sayang, game berkualitas yang juga mendapat begitu banyak respon positif ternyata tak menjamin keberlangsungan studio pengembangannya.

Melalui sebuah postingan baru di laman websitenya, Mimimi Games mengumumkan bahwa game Shadow Gambit: The Cursed Crew ternyata menjadi karya terakhir yang mereka rilis.

Shadow Gambit: The Cursed Crew (via Mimimi Games)

Johannes Roth selaku founder menceritakan bahwa tiap game baru yang mereka kembangkan terus menjadi lebih ambisius daripada game sebelumnya. Bahkan semenjak game PC pertama mereka di tahun 2011; The Last Tinker, dimana saat gamenya akan selesai dikembangkan, ia bersama timnya masih harus berjuang demi dapatkan pendanaan untuk proyek-proyek selanjutnya.

Hal tersebut terus berulang saat pengembangan Shadow Tactics: Blades of the Shogun dan Desperados 3. Kemudian mempertahankan bahkan membawakan kualitas yang harus lebih baik lagi daripada game sebelumnya juga membuat tim developer begitu kewalahan, bahkan harus mengorbankan waktu bersama keluarga.

Atas dasar itulah; alih-alih mengulangi siklus yang melelahkan tersebut, sang founder memillih untuk menutup Mimimi Games setelah 15 tahun berkarya.

Desperados 3 (via Mimimi Games)

Belum dijelaskan secara pasti akan waktu penutupan resmi studionya, namun ia berjanji bahwa Mimimi Games masih akan terus memberikan dukungan terhadap Shadow Gambit dalam beberapa waktu ke depan. Ia juga menjanjikan masih ada update berupa konten besar baru yang akan diluncurkan tahun ini.

Bersamaan dengan ini, sang founder ungkapkan juga telah menghubungi berbagai developer maupun publisher di industri video game, dengan harapan dapat membantu semua karyawan Mimimi mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain. Kemudian penjualan Shadow Gambit saat peluncuran juga dikabarkan cukup untuk memberikan bonus kepada semua karyawannya demi membantu mereka di masa transisi ini.

Tidak ketinggalan, sang developer juga mengucapkan terima kasih kepada semua pemain yang telah memainkan dan terus mendukung game buatan mereka, kemudian penerbit seperti Kowloon Nights, THQ Nordic dan Daedalic Entertainment, serta rekan-rekan satu industri yang telah membantu mereka merilis game terakhirnya ini secara mandiri.

Shadow Tactics (via Mimimi Games)

Sebagai seseorang yang begitu terpesona dengan Shadow Tactics dan Desperados 3 (saat ini sedang mencoba menyelesaikan Shadow Gambit), hal ini tentu merupakan kabar yang menyedihkan. Low-key berharap perusahaan besar seperti Microsoft dapat mengakuisisi Mimimi Games agar tetap terus berkarya.

Terima kasih Mimimi Games, akhirnya bisa segera nggak nangis lagi dengan menanggalkan slogan “making games and crying about it“.


Baca juga informasi menarik lain atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version