Developer: 60fps di Resolusi 4K Harus Jadi Standar Console Selanjutnya

in , , ,
4K dan 60fps adalah masa depan.

Salah satu permintaan banyak orang akan console generasi selanjutnya adalah resolusi 4K dengan 60fps. Hal ini memang tengah direalisasikan dengan PS4 Pro dan Xbox One, namun sepertinya kedua console tersebut masih jauh di bawah rata-rata. Selain itu, developer dan publisher lebih suka menjual tampilan visual yang menarik dibanding framerate. Sebuah hal yang diamini oleh beberapa developer.


Berbicara dengan GamingBolt, para co-founder dari Solar Sail Games, Dyke-Wells dan Neil Millstone mengatakan bahwa 4K dan 60fps tak perlu hadir bersamaan.

Umumnya, developer game ternama akan lebih memilih 30fps untuk memprioritaskan tampilan visual dibanding framerate, aku tak tahu bagaimana dengan game multiplayer yang penuh aksi dan gerakan cepat. Namun aku berharap generasi selanjutnya bisa tawarkan lebih dari kemampuannya untuk mengatasi tampilan visual saja.


Perkataan mereka bukan isapan jempol belaka, karena hal ini terbukti di beberapa console lawas seperti Nintendo Wii yang “setara” dengan PlayStation 3 dan Xbox 360 dari sisi visual. Sementara Nintendo Switch yang masih miliki visual “sepantaran” console rumahan generasi saat ini. Tak begitu jauh namun juga tak begitu dekat. Akan sangat menarik apabila developer lebih mementingkan performa ke depannya, namun jika dilihat dari kasus di masa lalu, sepertinya hal tersebut takkan terjadi.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]