Developer Amnesia Pertimbangkan “Move On” dari Genre Horor untuk Proyek Selanjutnya

Dev Amnesia Pertimbangkan

Developer Amnesia Pertimbangkan – Frictional Games, studio di balik seri Amnesia, Penumbra, dan Soma dikenal akan seri survival horor. Sejak studio didirikan, developer ini hanya menggarap proyek game horor dengan rilisan terakhir ialah Amnesia: The Bunker.

Namun terkadang hanya mengerjakan satu jenis proyek membuat tim bosan dan jenuh, belum lagi dengan genre horor yang sulit untuk dipasarkan di era let’s play sekarang yang membuat gamer lebih memilih menonton gameplay ketimbang memainkan langsung karena takut.

Alasan Developer Amnesia Pertimbangkan “Move On” dari Genre Horor

Dev Amnesia Pertimbangkan “Move On” dari Genre Horor untuk Proyek Selanjutnya

Hal ini membuat Frictional Games kemungkinan besar akan “move on” dari genre horor untuk proyek game selanjutnya, tetapi mempertahankan aspek lain yang mereka pandai eksekusi yakni enviromental storytelling dan immersive gameplay.

Lewat wawancara bersama 80.lv, Thomas Grip selaku Creative Director sekaligus Co-Founder ungkapkan bahwa studio-nya mempertimbangkan beralih dari horor karena ingin fokus pada storytelling.

“Di Frictional, kami membuat game secara holistik. Hal ini menjadi tahap krusial akan bagaimana game kami terlihat dan terasa. Meskpun game kami utamanya horor, yang kami benar-benar coba lakukan ialah memberikan ‘imersi yang playable’.”

Thomas Grip, Creative Director dan Co-Founder Frictional Games
Amnesia: The Bunker

Dia juga menambahkan kalau mereka punya rencana proyek selanjutnya untuk game terbaru. Rencananya mereka ingin membuat game yang lebih imersi dari sebelumnya.

“Untuk proyek selanjutnya, saya rasa kami akan mengurangi sedikit aspek horor agar dapat fokus pada kualitas emosional lainnya. Saya yakin bahwa game-game ini akan tetap seperti game garapan Frictional. Imersi, perjalanan personal, dan visi holistik yang telah menjadi ciri khas Frictional Game – Tak hanya sekedar horor.”

Thomas Grip, Creative Director dan Co-Founder Frictional Games

Frictional Games Telah Kembangkan Game Horor Sejak Tahun 2007

Frictional Games

Sejak didirikan, Frictional Games telah menggarap game horor dimulai dari seri Penumbra yang tergolong menjadi seri niche. Namun kesuksesan mereka baru memuncak ketika merilis Amnesia: The Dark Descent pada tahun 2010 yang di mana menjadi viral karena let’s play Youtuber seperti Pewdiepie dan Markiplier.

Mereka mencoba bereksperimen dengan aspek psikologis dan fokus storytelling lewat game SOMA yang di mana dipuji banyak orang akan cerita yang mengundang banyak tanya akan eksistensi semesta, tetapi dikritik akan aspek horor yang tak seseram dulu.

Game terbaru mereka Amnesia: The Bunker menjadi percobaan pertama mengusung game dengan elemen combat ketimbang sekedar petak umpet, game tersebut mendapat resepsi sangat baik meskipun banyak yang komentari durasinya yang pendek.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Amnesia beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version