Developer Bleak Faith: Forsaken Berikan Konfirmasi atas Tuduhan Meniru Aset Gerakan Animasi Elden Ring

Bleak Faith: Forsaken Elden Ring

Bleak Faith: Forsaken Elden Ring – Beberapa hari yang lalu, game soulslike terbaru dari developer Bleak Faith: Forsaken harus mengalami sebuah tuduhan yang kurang menyenangkan. Game tersebut dituduh telah mencuri aset gerakan animasi dari game Elden Ring karya FromSoftware dengan berbagai bukti dan perbandingan dari kesamaan gerakan yang ditiru.

Menanggapi hal tersebut, pihak developer pun memberikan konfirmasi atas tuduhan tersebut.

Dituduh Menirtu Gerakan Animasi Elden Ring, Developer Bleak Faith: Forsaken Berikan Konfirmasi

Developer Bleak Faith Forsaken dituduh meniru aset gerakan animasi game FromSoftware

Dilansir dari IGN, pihak developer Archangel Studios baru saja memberikan konfirmasi atas tuduhan mencuri aset dari gerakan animasi game Elden Ring maupun Dark Souls pada game terbaru mereka.

Mereka mengatakan dari awal pengembangan, timnya selalu bersifat transparan terhadap komunitas mengenai penggunaan aset Epic Marketplace. Archangel Studios menjelaskan hanya 10% dari gamer telah menggunakan aset outsource dalam pengembangan dimana hal tersebut dapat mempercepat proses yang berpengaruh besar.

Selain itu, tim developer menambahkan sebagai perusahaan developer Three-Person Studio, hal tersebut sangat penting dalam sumber daya agar bisa digunakan selama proses pengembangan yang berjalan 4 tahun. Aset yang dipermasalahkan tersebut dibeli dari Epic Marketplace dengan itikad baik dan dengan pemahaman dari Epic yang mana telah melalui proses pemeriksaan serta peninjauan yang sesuai sebelum game baru bisa masuk dalam daftar penjualan.

Pihak studio developer menjelaskan juga kalau mereka telah menghubungi pihak Epic Games mengenai penyelidikan terkat kasus ini. Berdasarkan Marketplace Distribution Agreement di Epic, setiap penjual Marketplace mewakili dan menjadi Epic bahwa mereka memiliki hak yang sesuai untuk mengunggah konten mereka.

Namun, apabila pihak penjual manapun yang memiliki konten dari pihak ketiga, Epic tidak akan berada dalam posisi untuk memverifikasi hak tersebut secara independen. Selain itu, Epic tidak memberikan jaminan semacam itu kepada para pihak pembeli konten tersebut.

Aset Gerakan Animasi Telah Dihapus dari Game

Pihak developer sudah menghapus aset tersebut

Pada saat artikel ini ditulis (16/3), Archangel Studios telah menghapus aset gerakan animasi yang dipermasalahkan tersebut dari game Bleak Faith: Forsaken. Selain itu, aset yang mereka gunakan dari Unreal Engine Marketplace telah dihapus sejak permasalahan ini mencuat di internet.

“Beberapa perubahan dari kami termasuk dalam patch terbaru dan akan ada update lainnya segera datang dalam beberapa hari lagi. Kejadian ini menjadi pelajaran besar bagi kami dan berharap semua kreator indie yang ada di luar sana juga bahwa aset di etalase ini tampaknya tidak dapat dibeli dengan itikad baik.”

Archangel Studios

Seorang Fans Buat Miniatur Kota Leyndell Royal Capital

Niat banget buatnya….

Berbicara mengenai Elden Ring, seorang fans membuat miniatur kota Leyndell Royal Capital yang sangat megah dan mirip dengan aslinya. Penasaran seperti apa miniaturnya? Kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel Gamebrott di sini.

Itulah informasi mengenai developer Bleak Faith: Forsaken memberikan konfirmasi terkait tuduhan menggunakan aset gerakan animasi dari game buatan FromSoftware. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi bagi para developer game, baik itu indie maupun yang sudah besar namanya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Elden Ring atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version