Belum lama ini, Sledgehammer membuka sesi QnA di Reddit yang ternyata menampung banyak pertanyaan serta keluhan mengenai sistem SBMM Call of Duty, khususnya di Modern Warfare 3.
Dan untuk pertama kalinya, tim Call of Duty akhirnya buka suara tentang sistem SBMM (Skill-Based Match Making) yang selalu diresahkan oleh pemain selama ini. Sebab, SBMM CoD dinilai tidak berdasarkan Skill-Based sebagaimana seharusnya sebuah sistem tersebut dijalankan.
Developer Buka Suara Tentang SBMM Call of Duty
Dilansir dari Charlie Intel, tim Call of Duty akhirnya luncurkan pernyataan mengenai permasalahan SBMM yang kerap menjadi keluhan ini. Pernyataan tersebut dibuka dengan,”Kami menyadari banyaknya ketertarikan pada pengalaman matchmaking, khususnya tentang bagaimana skill berkontribusi dalam bagaimana lobi dan pertandingan disatukan,”
Mereka menyatakan bahwa tidak ada yang jauh lebih penting bagi tim kecuali pengalaman bermain para gamer dan sangat menyadari bahwa matchmaking mengambil peran yang besar di dalamnya.
Menurut penjelasan di atas, tim sudah dan masih mengembangkan sistem matchmaking selama lebih dari 10 tahun ini. Dan mereka akan terus memanfaatkan waktu serta energi agar proses matchmaking ini berkembang.
Kemudian, pertanyaan tersebut ditutup dengan rencana tim untuk mengerjakannya dalam beberapa minggu mendatang setelah Season 1 diluncurkan, dan akan menjadikannya sebagai bahan diskusi oleh komunitas. Dalam hal ini, bisa disimpulkan bahwa tim berencana untuk lebih transparan pada perkembang SBMM CoD kepada para pemain nantinya.
Sistem SBMM Call of Duty Meresahkan Pemain
Banyak pemain yang keluhkan implementasi SBMM Call of Duty ini sangatlah buruk. Dimana seharusnya pemain dipertemukan dengan pemain lain yang memiliki skill setara dalam pertempuran, hal tersebut nyatanya tidak ditemukan di Call of Duty.
Malah, SBMM di game ini membuat pemain dengan segerombol pemain yang memiliki skill jauh lebih rendah selama satu atau dua match, Kemudian, di match berikutnya pemain akan dipertemukan dengan pemain yang skillnya jauh lebih tinggi selama satu atau dua match. Artinya, dimana skill-based match making yang dijanjikan itu?
Padahal, seharusnya sistem SBMM ini membantu pemain baru atau pemain yang masih low-skilled. Tetapi, pemain keluhkan sistem ini tidak ditemukan di CoD. Lebih mirip seperti Roller Coaster yang naik turun ketimbang pertempuran melawan pemain dengan kekuatan setara.
Dengan lahirnya pernyataan dari tim Call of Duty, diharapkan ke depannya memang akan ada perkembangan terhadap sistem SBMM ini di seluruh serial Call of Duty.
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Call of Duty atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com