Developer Indie Ini ‘Sengaja’ Rilis Game dengan Achievement Mudah

Little Adventure Achievement

Achievement biasanya dihadirkan dalam sebuah game sebagai bagian kecil dari game itu sendiri, dan biasanya cenderung dilakukan untuk sekedar menambah aktivitas sang player dalam game. Namun developer indie bernama Infinite Madaa justru membuat game dan ‘sengaja’ menghadirkan achievement yang mudah didapatkan.

Mengapa sengaja? Dilansir dari Kotaku, Infinite Madaa awalnya merencanakan untuk mem-porting gamenya yang berjudul Little Adventure on the Prairie dari Android ke 3DS. Hal tersebut tim developer lakukan demi mendapatkan pengalaman mengerjakan sebuah game pada development kit handheld konsol besutan Nintendo tersebut, kemudian mengaplikasikan pengerjaan tersebut pada game RPG yang akan mereka lakukan berikutnya.

Namun sayangnya, seperti hal yang cenderung menimpa developer zaman now, minimnya budget juga menjadi kendala utama Infinite Madaa. Dan demi mendapatkan uang dengan ‘cepat’, mereka kemudian juga merilis Little Adventure on the Prairie pada platform PS4 dan PS Vita pada bulan Februari lalu, dengan harga yang sangat terjangkau namun juga disertai dengan achievement platinum yang bisa dikatakan sangat mudah didapatkan.

Jika mendengar kalimat ‘achievement yang mudah didapatkan’ tentu terdengar bagaikan suara merdu Kana Hanazawa menyanyikan lagu Renai Circulation bagi para pemburu trophy. Dan hal itu benar saja, karena sebuah website bernama TrueTrophies baru-baru ini membagikan informasi tentang penyelesaian achievement selama beberapa tahun terakhir, dan pada tahun 2018 Little Adventure on the Prairie menduduki peringkat pertama sebagai game yang paling banyak diselesaikan achievement platinumnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

via TrueTrophies

Game Little Adventure of the Prairie sendiri bisa dikatakan biasa saja, bahkan untuk ukuran game mobile. Namun harga yang murah dan achievement platinum yang bisa didapatkan dalam waktu 15 menit ini memang menggiurkan di mata para pemburu trophy.

Data dari TrueTrophies juga setidaknya menunjukkan game tersebut mencapai 90% completion rate, artinya hampir semua pemain yang membeli Little Adventure on the Prairie sudah mendapatkan semua achievement yang ada pada game tersebut.

Infinite Madaa kemudian juga menjelaskan bahwa dalam game tersebut terdapat 22 trophy, dan semua trophy tersebut dapat diperoleh dengan melewati semua level yang ada tanpa mengulangi permainan. Mungkin  berbeda dengan game-game modern sekarang yang terkadang butuh dua kali atau bahkan lebih mengulang permainan demi mendapatkan trophy platinum.

Terlepas dari itu semua, siasat yang dilakukan oleh developer indie ini memang cukup berhasil mendatangkan uang dengan cepat. Kini Infinite Madaa sudah mulai menggarap game terbarunya yang bertemakan RPG tersebut dan kali ini mereka memilih untuk tidak tergesa-gesa demi menghadirkan game yang lebih berkualitas dibandingkan game sebelumnya.

Sumber: Kotaku

Exit mobile version