Developer Ini Ingin Ciptakan Game ala Pokemon dengan Aspek MMO-nya yang Sangat Ambisius

1 Temtem Kickstarter Trailer YouTube.MKV snapshot 00.33 2018.06.20 08.34.02

Berjudul “Temtem” ?

Pokemon atau mungkin Digimon seringkali dianggap sebagai satu-satunya role-model dari kemunculan game-game yang bertemakan mengkoleksi, memelihara, dan melatih seekor monster. Setelah kita melihat kemunculan game Ooblets yang sangat begitu menyita perhatian bagi kalian penggemar game-game dengan cita rasa tersebut. kali ini telah muncul lagi sebuah game dengan formula sama, namun memiliki fokus genre yang sangat terbilang berani untuk dilakukan oleh developer indie asal negeri Matador, Spanyol ini.

Game ini memiliki judul yang mungkin bisa mengingatkanmu dengan sebuah biskuit (eh ?), yaitu Temtem. Sang pihak developer yang membuat game ini, yakni Crema mengaku bahwa Pokemon adalah inspirasi dan motivasi utama yang menggerakkan hati mereka dalam mengerjakan game tentang keberadaan monster-monster unik dan lucu tersebut.

Untuk saat ini, game Temtem memang masih belum dirilis karena proyek pengerjaan game mereka masih berada di situs Kickstarter. Namun, sesi penggalangan dananya telah lama berhasil mencapai target dengan sukses meraup dana sebesar $300.000 lebih dari target mereka yang hanya $70.000 saja dan masih menyisakan 12 hari lagi sebelum kampanyenya berakhir. Bila kalian penasaran untuk menyaksikan seperti apa penampakan gameplay dari Temtem, kalian bisa menyaksikan terlebih dahulu video trailernya di bawah ini.

 

Ya benar, yang membuat game ini sangat begitu menarik tak lain dan tak bukan adalah aspek MMOnya yang benar-benar secara serius ingin mereka implementasikan di dalam game Temtem. Lalu tidak seperti di game Pokemon dimana kalian hanya bisa bertarung dengan monster dari sesama player atau tamer secara 1v1, di sini dengan sistem pertarungannya yang bersifat turn based, kalian bisa bertarung secara 2v2 baik dengan sesama rivalmu ataupun secara co-op.

Dalam pertarungannya, game ini dijanjikan tak akan menghadirkan sebuah fitur RNG yang biasa kalian dijumpai di Pokemon. Semuanya akan bergantung pada skill, strategi, beserta segala macam atribut dari kekuatan Temtem (nama monster di game ini) yang kalian punyai.

Potensi menjadi game Esport ?

Bila kalian memutuskan untuk menantang rivalmu secara lebih kompetitif, game ini juga akan menyediakan sebuah sistem yang biasa digunakan di dalam game-game beraliran esport, yaitu pick and ban system. Tinggal pilih Temtem yang kalian punyai, lalu blokir Temtem lawan yang sekiranya akan menyulitkan pertarunganmu. Hal tersebut juga akan berlaku sebaliknya.

Lalu ada pula fitur dimana kalian bisa mengembangbiakkan Temtem-mu dengan menyandingkan dua Temtem yang dapat menghasilkan seekor Temtem baru dengan dengan stats atau atribut yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan induknya.

Namun, kalian sebaiknya jangan terlalu sering dalam mengeksploitasi Temtem-mu untuk keperluan beternak, karena setiap Temtem akan selalu memiliki hal yang biasa disebut Genetic Degradation. sistem ini nantinya dapat berpotensi untuk menurunkan value atau stats dari suatu Temtem yang bisa berimbas kepada para Temtem turunannya.

Juga punya cerita ?

Game ini bersetting di sebuah dunia yang terbilang sangatlah unik, yaitu di sebuah Pulau Apung dengan beragam jenis medan areanya seperti hutan, gunung, padang pasir, dan lain-lain. Yang jelas, diceritakan bahwa di pulau tersebut, manusia dan Temtem bisa hidup secara berdampingan nan damai. Namun, terkesan tidak seru apabila di sana tidak ada sesosok pihak yang ingin mempunyai rencana jahat terhadap dunia yang dihuni oleh para Temtem itu.

Sebut saja mereka sebagai versi tim roket dari Temtem yang menamai diri mereka sebagai Clan Belsoto. Sehingga di sana, kalian tidak hanya akan sibuk dalam memelihara Temtem ataupun berduel dengan sesama rivalmu, melainkan juga harus menguak konspirasi beserta rencana jahat mereka terhadap dunia yang kalian tinggali ini. Terutama dengan mengalahkan Temtem-temtem modifikasi yang mereka punyai.

Clan Belsoto

Sudah tentukan rencana perilisan ?

Selain dari banyaknya fitur yang sudah kami jabarkan di atas, tidak lengkap rasanya bila game ini tidak menghadirkan fitur kustomisasi karakter ataupun avatar dari kalian selaku para tamer Temtem. Lalu tidak hanya sampai di situ saja, kabarnya kalian juga dapat mendekorasi rumah atau tempat tinggalmu dengan meletakkan berbagai macam perlengkapan interiornya yang sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk kepastian mengenai kapan Temtem akan segera dirilis, Crema sendiri mentargetkan bahwa game ini nantinya bisa kalian semua nikmati secara full pada sekitaran bulan Mei 2020 secara multiplatform (PC, PS4, Xbox One, Switch). Sedangkan untuk versi early accessnya diharapkan dapat segera hadir di sekitaran bulan September 2019. Mengingat bahwa game ini memiliki banyak fitur terutama aspek MMOnya, cukup wajar apabila mereka memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan proyek pengerjaan game Temtem.

Bila kalian ingin tahu lebih jelas mengenai Temtem, kalian bisa kunjungi halaman Kickstarter mereka secara langsung dan tak lupa untuk mem-wishlist Temtem di akun Steam kalian masing-masing apabila kalian sudah terlanjur jatuh cinta kepada game ini.

 

Exit mobile version