Developer: Kami Tidak Malas, Menjalankan Server Tak Semudah yang Dipikirkan

in ,
Server setiap game online tidak sama.

Membuat game online tentu miliki tantangan tersendiri bagi para developer karena mereka mau tak mau harus menghadapi masalah yang berbeda. Salah satu hal krusial yang sering terjadi adalah masalah server yang sempat jadi kontroversi di beberapa game, mulai dari Diablo 3 hingga Anthem yang baru saja dirilis. Tak jarang masalah yang terjadi saat peluncuran server buat banyak player anggap developer terlalu malas untuk mengerjakannya. Namun hal tersebut disanggah oleh beberapa developer yang terlibat dalam kasus yang sama.


Melalui wawancaranya dengan GamesRadar, mantan anggota Gazillion dan BioWare Felix Sanchez menjawab beberapa pernyataan gamer soal mereka yang dianggap “malas” untuk atasi masalah server saat pertamakali gamenya dirilis. Menurutnya, developer adalah kumpulan orang terakhir yang ingin melihat servernya menyala dan dua jam setelahnya alami lag luar biasa hingga buat player tak bisa login.

Aku bisa menjamin bahwa jika para developer berhasil menjalankan server beta dan tak berjalan dengan baik, itu akan buat mereka bekerja lebih keras dari jam lembur mereka agar servernya bisa berjalan kembali. Jadi, ketika ada orang yang mengatakan bahwa kami malas, itu salah besar.

Ia mengatakan bahwa merilis sebuah game online tanpa bug merupakan hal yang mereka inginkan, namun hal tersebut sangatlah sulit untuk dilakukan, sebersih apapun gamenya akan tetap miliki bug meski tak begitu mengganggu. Game dengan engine dan genre yang sama sekalipun miliki proses dan masalah yang berbeda saat servernya dirilis. Buat para developer bekerja lebih keras agar ia bisa kembali bekerja dengan baik.



Sanchez melanjutkan bahwa menjalankan server tak semudah yang dipikirkan karena dari apa yang telah mereka uji coba takkan selalu sama setelah server utama atau live server dirilis. Tak ada uji coba live server karena tak ada penggantinya. “Aku telah melihat semua cara untuk mengetesnya secara internal sebelum servernya dirilis, namun takkan pernah ada simulasi pengecekan untuk live server”, imbuhnya.

Baca berita terkait teknologi atau artikel keren dari Ayyadana Akbar.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com