Developer Kini Bisa Palsukan Tanggal Rilis Guna Tempati Daftar Game-Game Baru Teratas di Steam

Screenshot 204

Perhatikan urutan-urutan tanggalnya

Rugikan pihak developer lain ?

Sebagai salah satu platform penjualan game digital PC terbesar, Steam memang banyak digandrungi oleh berjibun game-game baik yang sudah ataupun “akan” rilis di pasaran. Khusus untuk game-game yang akan segera dirilis dalam waktu dekat, nama-nama dari game baru tersebut biasanya akan selalu terpampang di laman terdepan pada suatu tab pencarian yang bernama “Upcoming Popular Release“.

Karena memiliki istilah “popular” di dalamnya, tentu ada semacam proses penyeleksian khusus lewat jumlah wishlist para pemain guna mengurutkan game-game mana sajakah yang dianggap pantas untuk muncul di tab teratas bagian Upcoming Popular Release ? Nampak terlihat jelas dan adil memang. Akan tetapi, rupanya ada satu pihak developer yang justru merasa dirugikan oleh sistem tersebut.


Mike Rose, selaku kreator dari game Hypnospace Outlaw telah memposting serta menjelaskan tentang adanya kecacatan dari sistem pencarian game di bagian “Upcoming Popular Release”. Mike menganggap bahwa banyak game-game dengan tanggal rilis yang tak jelas atau tak cocok justru malah muncul di daftar teratas dari tab itu. Dimana hal ini memang dianggap sangatlah berpengaruh terhadap hasil penjualan game dan jumlah eksposur yang didapat dari para gamer.

Ia pun juga membocorkan bahwa semua pihak developer pada dasarnya bisa mengganti tanggal rilis mereka melalui sebuah sistem “backend“. Algoritma Steam di sana biasa akan selalu membaca serta mengurutkan tanggal perilisan game-game melalui isian dari satu sistem backend tersebut. Mike di sini berspekulasi bila mungkin ada pihak developer yang sengaja menyertakan tanggal rilis palsu dalam sistem backendnya masing-masing, atau malah kelupaan untuk mengupdate kembali tanggal rilis game mereka di sana.

Mike lalu mengambil contoh tentang game Steel Division II yang menurut kesaksiannya tiba-tiba bisa nangkring di posisi teratas dalam bagian tab Popular Upcoming (sekarang sudah tidak ada). Padahal, game tersebut direncanakan baru rilis di bulan April nanti. Selain itu, ada pula game Cooking Simulator yang secara parah selalu muncul di bagian pencarian teratas selama 4 kali berturut-turut tanpa memiliki kepastian tanggal rilis yang jelas.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Eugen System selaku developer dari game Steel Division pun ikut angkat bicara dan membantah bahwa mereka tidak pernah sekalipun mengganti tanggal backend ke bulan Maret. Pengakuan Eugen System tersebut rupanya berhasil dibuktikan oleh Scott Richmond dari Brightrock Games. Ia meluruskan bahwa kejadian ini sepertinya murni kesalahan teknis dari sistem pembacaan program Steam sendiri. Scott juga melampirkan bukti rekam jejak Steamdb yang nenunjukan bila pihak Steamlah yang secara otomatis melakukan penggantian tanggal rilis dari game Steel Division II. Sementara untuk developer Cooking Simulator, mereka malah sama sekali tidak merespon.

Untungnya, keluhan dari Mike Rose itu akhirnya telah sampai kepada pihak Valve. Diwakili langsung oleh Tom Giardino, ia menyebut bahwa ini memang menjadi masalah yang sedang diperbincangkan oleh para tim mereka sekarang. Tanpa memberikan janji pasti, Tom memastikan bahwa permasalahan tersebut akan segera diperbaiki secepatnya.

Sebagai pengguna, kalian mungkin tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil semacam ini. Namun, berapa banyak diantara kamu yang biasa mengandalkan pencarian “Upcoming Popular Release” ketika hendak mencari game-game yang mau rilis dalam waktu ? Karena ada baiknya bila fitur pencarian ini agak dijauhi dulu.


Baca pula informasi lain terkait Steam, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version