Developer Overwatch Jelaskan Bahwa Terbuka dengan Komunitas itu Menakutkan

drhheht

Overwatch tentunya masih menjadi salah satu game online multiplayer FPS dengan basis komunitas dan pemain yang cukup tinggi. Aktifnya para pengembang dalam mendengarkan feedback dari komunitas dan fans dalam proses perkembangan game ini membuat mayoritas update yang diberikan merupakan apa yang diinginkan oleh para fans. Sehingga mayoritas pemain pun cukup senang dan  puas dengan setiap update yang diberikan oleh pengembang Blizzard.

Namun, siapa yang menyangka bahwa situasi yang terlihat ideal tersebut ternyata tidak seindah kelihatannya. Direktur pengembang OverwatchJeff Kaplan menjelaskan bahwa betapa menakutkannya bagi developer untuk mencoba terbuka terhadap apa yang tengah mereka kerjakan kepada media dan lingkungan dunia maya. Kaplan menjelaskan bahwa mayoritas komunitas pemain Overwatch cukup menyenangkan di forum, namun ia juga menuliskan bahwa beberapa dari mereka bersikap kasar kepada developer di luar sana.

Ia pun menjelaskan bahwa setiap anggota developer memiliki kebebasan untuk memposting ke dalam forum. Namun hanya sedikit yang melakukannya. Karena dampak yang terjadi dari postingan tersebut dapat sangat mengintimidasi dan memakan banyak waktu untuk meladeninya. Ditambah sangat mudahnya untuk berkata salah ataupun menjanjikan kepada komunitas sesuatu yang tidak pernah direncanakan untuk dibuat. Karena sekali mereka mengatakan tengah mengerjakan sesuatu, maka mereka tidak boleh menariknya kembali.

Kaplan pun menjelaskan lebih lanjut tentang serangan dan tuntutan personal dari komunitas ketika mereka memposting dengan nama asli mereka. Kaplan bahkan mendeskripsikannya dengan “Sangat menakutkan dan mengintimidasi, seakan tidak akan bisa menang”. Namun dengan kondisi tersebut ia menambahkan bahwa hal tersebut tidak menghentikan ia dan timnya untuk terus terbuka tentang apa yang mereka kerjakan terhadap komunitasnya.

Terakhir, ia menjelaskan bahwa menjalankan Overwatch merupakan pekerjaan yang berat dan tidak seimbang karena para developer harus mengurus game ini hampir setiap waktu. Karena gamenya sendiri tidak akan berhenti pada akhir pekan ataupun ketika anak-anak mereka (para pengembang) berulang tahun. Maka dari itu Kaplan menyesalkan para pemain yang toxic di dalam Overwatch karena hal itu menghambat perkembangan untuk membuat gamenya menjadi lebih baik. Karena mereka hanya disibukkan dengan menghukum pemain yang nakal dan membuat mereka berkelakuan baik.

 

sumber: arstechnica

 

Exit mobile version