Developer Paladins Tak Mau Game Mereka Dicap Sebagai “Tiruan Overwatch”

in ,

Paladins Beta baru saja dirilis minggu ini di Steam, dan kebanyakan gamer yang telah mencoba game ini menganggap bahwa game ini terlalu meniru Overwatch dari segi gameplay hingga desain karakter.

Hi-Rez Studio, developer di balik game ini telah merespon komentar para gamer tersebut lewat wawancaranya bersama IGN. Todd Harris, COO dari Hi-Rez menjelaskan kepada IGN bahwa Overwatch “bukanlah inspirasi di balik game Paladins”

Todd menjelaskan bahwa pengembangan Paladins sudah dimulai jauh sebelum Overwatch dikenal publik, dan setelah Overwatch dirilis, mereka sudah menebak orang-orang akan melihat kesamaan kedua game tersebut.

Todd juga mengungkapkan bahwa inspirasi mereka lebih banyak datang dari game class based FPS dari Valve – Team Fortress 2. Dia juga mengungkapkan bahwa mereka sudah pernah membuat game sejenis ini bernama Global Agenda pada 2010 kemarin, dan Paladins dibuat sebagai “versi fantasi” dengan 85 combat ability dari game Paladins juga datang dari Global Agenda.

Anda bisa lihat penjelasan penuh dari developer di thread Reddit ini.

“Pada saat Overwatch itu memang game yang bagus, game itu bukanlah inspirasi dari Paladins. Pengembangan game merupakan sebuah proses interaktif dengan ide-idea bermunculan dari proyek-proyek lama. Untuk genre hero shooter sendiri, game yang paling menginspirasi kami adalah Team Fortress 2. Kami pernah merilis game class-based shooter yang terinspirasi dari TF2 bernama Global Agenda pada 2010 lalu. Paladin kami anggap sebagai versi fantasi dari Global Agenda dan hampir 85 combat ability yang kini ada di Paladins datang dari game Global Agenda yang kami buat 10 tahun lalu.

Melihat keberadaan Overwatch sekarang, kebanyakan orang bahkan tidak tahu kalau beberapa champion kami, seperti mecha mini-gun (Ruckus) dan karakter es (Evie), sudah tersedia dan bisa dimainkan di Paladins Beta jauh sebelum karakter dengan kemampuan yang sama di Overwatch muncul. Dan beberapa fitur lain seperti peti berhadiah, juga didemonstrasikan di Paladins jauh sebelum Overwatch. Bagi kalian yang tertarik bisa melihat video gameplay di Youtube dan buat kesimpulan sendiri.”

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba Paladins atau mungkin kalian ingin bermain Overwatch namun tak mempunyai uang untuk membeli game tersebut, mungkin bisa coba game ini di Steam.

Paladins adalah game free to play dengan beberapa champion dikunci, namun kalian bisa beli karakter champion di game tersebut dengan gold yang bisa didapatkan dengan mudah atau membeli “Founders Pack” seharga Rp91.119 yang akan memberikanmu seluruh akses champion sekarang berserta champion lain yang akan datang.

Source: IGN

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.