Dev. Shadow Warriors 2: Denuvo Hanya Merepotkan Mereka yang Membeli Secara Original

in ,

Kualitas Denuvo memang tak diragukan lagi dalam masalah melindungi program dari serangan bajakan. Sangking ampuhnya banyak publisher ingin game mereka dilindungi oleh software anti-tamper ini. Untuk sekarang saja, hanya beberapa game yang berhasil dibajak, dan kebanyakan dari game tersebut memakan waktu mulai dari dua hingga enam bulan karena begitu kompleks dan tangguh software dari developer dari Denmark ini.

Tak hanya developer AAA saja yang kini menggunakkan Denuvo, namun beberapa developer indie seperti developer Inside dan juga Abzu kini juga mulai meminta bantuan Denuvo untuk mengurangi kesempatan pembajak membobol game mereka. Walau mungkin versi yang mereka gunakkan adalah versi lama dan bukan versi terbaru V.5 yang kini dipakai oleh Square Enix, EA, Ubisoft dan lain-lain.

Di zaman dimana pembajakan game PC makin meningkat ini, banyak developer serta publisher tertarik untuk menggunakkan software ini agar game mereka sulit dibobol dan diharapkan menambahkan jumlah pembeli orisinil game mereka. Namun tak sedikit juga developer maupun publisher tak mau habiskan waktu dan uang mereka menggunakkan software ini karena alasan tertentu, developer Shadow Warriors 2Flying Wild Hog adalah salah satu nya.

Setelah ditanya oleh salah satu pengguna Steam kenapa mereka tak mau menggunakkan Denuvo yang merupakan DRM terbaik sekarang ini. Sang developer menjawab bahwa mereka hanya berpikir menggunakkan Denuvo hanya akan menganggu mereka yang membeli game secara orisinil ketimbang benar-benar menjauhi produk mereka dari para pembajak.

05f9gmfcxnqx

“Kami tak mendukung pembajakan, namun untuk sekarang belum ada cara lain yang lebih baik untuk menghentikan pembajakan tanpa menyakiti para pelanggan setia kami. Denuvo berarti kami harus keluarkan uang hanya untuk membuat versi yang lebih buruk untuk pelanggan kami. Kesannya seperti menaruh peringatan anti bajakan dari FBI pada film asli.”

Shadow Warrior 2 akan dirilis untuk PC pada 13 Oktober 2016. Untuk console sendiri akan mendapatkan game ini pada tahun 2017 mendatang. Bagaimana pendapat brott akan ungkapan developer Shadow Warrior 2 terhadap penggunaan Denuvo?

Source: Reddit

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.