Developer The Sims Jelaskan Bagaimana Bahasa ‘Simlish’ Dibuat

Simlish The Sims

Brott, pernah gak sih kepikiran bahasa apa yang digunakan oleh The Sims? Beberapa ada yang mengatakan bahwa The Sims menggunakan Bahasa Ukraina, nyatanya hal ini tidak sepenuhnya benar. Bahasa yang tidak jelas pengucapan dan artinya serta terdengar seperti ocehan bayi ini disebut dengan Simlish.

Simlish adalah bahasa fiksi dan telah menjadi ‘bahasa nasional‘ untuk The Sims Series. Bahasa yang tidak jelas ini yang menjadi salah satu aspek terbesar dan paling mudah dikenali di game-nya. Obrolannya kacau namun penuh warna dan motif, menjadikannya sebagai salah satu hal yang lucu dan menarik di game ini.

Developer The Sims Jelaskan Bagaimana Bahasa 'Simlish' Dibuat 5

Di episode terbaru podcast Twenty Thousand Hertz, Dallas Taylor selaku host mengadakan wawancara dengan beberapa developer dari setiap series The Sims mengenai pembuatan Simlish ini. Claire Curtin, yang menjabat sebagai desainer dan voiceover director dari game The Sims menceritakan kisah pembuatan Simlish.

Pada awalnya, para developer mencoba membuat Simlish berdasarkan bahasa Estonia atau Ukraina. Namun, hal itu diurungkan karena mereka ingin membuat sebuah bahasa yang lebih universal dan dapat dipahami siapa pun.

Meskipun bahasa di The Sims memiliki beberapa kata yang umum digunakan, seperti “Sul Sul!” yang berarti “Halo!”, ternyata sebagian besar bahasa Simlish ternyata dibuat langsung oleh voice actor sendiri, lho.

Developer The Sims Jelaskan Bagaimana Bahasa 'Simlish' Dibuat 6

Dalam prosesnya, Claire Curtin mencoba latihan improvisasi di mana salah satu voice actor membacakan sebuah puisi dengan bahasa ‘aneh‘-nya sendiri, kemudian aktor yang lain diminta untuk menerjemahkannya dalam bahasa Inggris.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Selain itu, Curtin membawa dua voice actor lain ke studio untuk melakukan rekaman. Mereka diberikan sebuah tayangan animasi tanpa suara, kemudian diminta untuk membuat suara untuk animasi tersebut dengan bahasa ‘aneh‘ di kepala mereka.

Developer The Sims Jelaskan Bagaimana Bahasa 'Simlish' Dibuat 7

Karena Simlish lahir dari improvisasi, secara teknis siapa pun dapat mengucapkannya. Dan wawancara di podcast tersebut membicarakan pengalaman menarik lain saat proses rekaman. Jerry Martin, sang audio director, memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan beberapa selebriti.

Katy Perry menjadi salah satu selebriti yang bekerja sama dengan Martin. Martin memintanya untuk menyanyikan lagu Last Friday Night dengan menggunakan Simlish. Selain Katy Perry, Martin juga bekerja sama dengan Drew Carey, seorang komedian dan pembawa acara The Price Is Right. Drew Carey juga menjadi cameo di The Sims House Party Expansion Pack. Carey menggunakan metode yang berbeda karena ia harus menulisnya terlebih dahulu.

Developer The Sims Jelaskan Bagaimana Bahasa 'Simlish' Dibuat 8

Krizia Bajos, pengisi suara yang telah bekerja di The Sims selama hampir sepuluh tahun, memberitahu host lebih banyak tentang pengalamannya. Ia mengungkapkan,”kunci dari Simlish adalah kamu hanya perlu meluapkan semua yang kamu rasakan!”

Jadi, tertarik untuk mempelajari bahasa ini, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version