Di China Tencent Canangkan Face Scan Untuk Login Game?

tencent

Tencent semakin merasa disudutkan setelah peringatan kecanduan game dari media pemerintah Cina bulan lalu, hal ini memicu tindakan dan langkah yang diambil oleh Tencent yang mengatakan bahwa mereka akan memeriksa nama dan ID nasional gamer yang sudah terverifikasi di data polisi, beberapa orang juga menyarankan kepada Tencent untuk memindai wajah mereka menggunakan Face Scan Login.

Ternyata Tencent menyetujui saran itu brott!

Tencent mengatakan jika sedang ada sebuah tes/eksperimen yang sedang berlangsung di game Honor of Kings/Kings of Glory game mobile blockbuster-nya, yang dikenal sebagai Arena of Valor untuk di luar China dimana akan ada sistem untuk memverifikasi identitas pemain dengan pengenalan wajah melalui Face Scan.

Bagaimana Mekanisme-nya?

Sistem ini akan memilih sekitar 1.000 pengguna baru secara acak di Beijing dan daerah asal Tencent di Shenzhen. Video wajah setiap pemain yang diambil secara langsung oleh kamera ponsel, akan diperiksa bersama dengan informasi dari basis data keamanan nasional.

Tencent mengatakan ingin mengidentifikasi anak-anak di antara para pemain, untuk memastikan bahwa mereka mengikuti jam malam dalam game dan batas waktu untuk anak di bawah umur. Langkah-langkah seperti ini telah menjadi semakin diperkuat setelah media negara China menyuarakan keprihatinan atas kecanduan bermain game untuk kalangan anak-anak.

Tapi sepertinya banyak gamer di China tidak nyaman dengan eksperimen terbaru ini.

Tencent sendiri mengatakan setengah dari orang-orang yang disurvei bulan lalu, termasuk orang tua dan gamer dari berbagai usia, meragukan tentang harus menunjukkan wajah mereka hanya untuk bermain game. Perusahaan mengatakan memutuskan untuk tetap melanjutkan pengujian untuk “mengeksplorasi kemungkinan menggunakan pengenalan wajah di lingkungan kehidupan nyata.”

Tetapi sayangnya banyak kalangan yang khawatir dengan keputusan Tencent ini brott.

Dikutip dari komentar paling tren di Weibo yang berisikan pertanyaan, “Jadi ini berarti game dapat mengakses kamera selfie? Jadi itu bisa mengambil foto tanpa aku sadari? ”

Banyak juga yang khawatir jika hal ini dianggap legal disetujui banyak pihak, apakah game lain akan ikut mengambil langkah ini?

“Keponakan saya tidak lagi memainkan Honor of Kings,” seorang pengguna menulis. “Sekarang mereka bermain game battle royale.”

Exit mobile version