Di Manakah Keberadaan Karakter Final Fantasy di Kingdom Hearts 3 ? Begini Kata Sang Director…


Image Courtesy: https://fencingwithink.com/2013/07/23/10-things-i-want-to-see-in-the-kingdom-hearts-3/
Follow Us

Selain dikenal akan kehadiran karakter-karakter dari franchise Disney di dalamnya, kehadiran dari para karakter Final Fantasy juga menjadi salah satu alasan mengapa seri Kingdom Hearts sangatlah begitu mendapat tempat di hati para penggemar ? Berperan sebagai medium yang mempertemukan kedua franchise beda aliran tersebut ke dalam satu game, jelas seakan telah berhasil mengubah mimpi yang selalu dianggap absurd oleh banyak orang menjadi sebuah realita yang sudah banyak menginsiprasi diri mereka.

Nulis artikel dibayar

Dari semua trailer terbaru Kingdom Hearts 3 yang sudah kalian saksikan selama ini, sudahkah kalian menyadari bahwa sangat begitu jarang atau hampir tidak ada satupun karakter dari seri Final Fantasy yang muncul di sana ? Bahkan mereka sekarang rupanya jauh lebih mementingkan penambahan karakter-karakter baru di dunia Disney. Bila kalian baru sadar, lantas apakah karakter-karakter dari seri JRPG legendaris tersebut nantinya akan benar-benar dihilangkan di Kingdom Hearts 3 ?

BACA JUGA  Square Enix Konfirmasikan Tubuh Tifa Memang Terkena 'Nerf' di Final Fantasy VII Remake
Karakter-karakter Final Fantasy yang muncul di seri Kingdom Hearts, sumber gambar: Aminoapps

Apakah benar-benar tidak ada ?

Tetsuya Nomura, selaku sang director saat diwawancarai secara eksklusif oleh USGamer memberikan sebuah penjelasan mengenai absennya karakter-karakter Final Fantasy pada deretan trailer Kingdom Hearts 3 yang sudah mereka tampilkan sejauh ini. Dimana secara bersamaan beliau menjelaskan bahwa dirinya ingin lebih berfokus untuk membangun suatu pondasi cerita yang kuat di dunia Kingdom Hearts itu sendiri.

Ketika melihat kembali seri awal Kingdom Hearts, kita di sana melihat Sora sebagai karakter yang benar-benar baru. Sehingga pada saat itu, kami memutuskan untuk menambahkan beberapa karakter populer Final Fantasy untuk mendukung beberapa karakter original dari seri Kingdom Hearts itu sendiri.

Franchise Kingdom Hearts sekarang sudah berkembang selama 15 tahun. Karakter-karakter asli dari franchise tersebut juga semakin ikut berkembang dan terpoles melalui cerita yang sudah kami sajikan. Sehingga dari sana, saya merasa bahwa mereka sudah tidak lagi memerlukan para karakter-karakter final fantasy guna mendukung perkembangan mereka.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perlahan-lahan Nomura mulai sedikit meminggirkan para karakter-karakter Final Fantasy. Dan kali ini lebih ingin berfokus untuk membudidayakan karakter-karakter asli Kingdom Hearts seperti Sora, Riku, Kairi, Roxas sampai ke para anggota Organization XIII, hingga Ventus, Terra, dan Aqua di sana.

BACA JUGA  Final Fantasy Crystal Chronicle ReMastered akan hadir Di Android dan iOS!

Jika melihat bahwa karakter orisinil di dunia Kingdom Hearts sudah terlampau cukup banyak, cukup wajar bila Tetsuya mengaku kesulitan untuk serta merta memasukkan karakter dari seri Final Fantasy, disamping bahwa dirinya juga harus mampu menyajikan cerita yang maksimal di game Kingdom Hearts terbarunya tersebut.

Dan khusus mengenai karakter dari seri Final Fantasy itu sendiri, Tetsuya Nomura juga mengklarifikasi:

Saya tidak bisa memberikan banyak info mengenai ada tau tidaknya karakter Final Fantasy di Kingdom Hearts 3. Karena saya hanya ingin menjelaskan hal-hal yang sudah kami tunjukan sejauh ini.

Namun, hal ini bukan berarti bahwa pasti tidak ada satupun karakter FF yang akan kami tampilkan di sana. Jadi, sebaiknya kalian tunggu saja info terbaru dari kami.

– Tetsuya Nomura

Pada intinya, ia masih bisa menjamin bahwa karakter-karakter Final Fantasy masih tetap akan ada di Kingdom Hearts 3. Hanya saja, kalian dipastikan tidak akan menjumpai mereka secara lebih sering dan sangat kecil kemungkinan adanya karakter Final Fantasy baru yang akan muncul di game tersebut.

BACA JUGA  Dapatkan Kritik Tajam, Marvel's Avengers Tetap Tak Akan Ubah Desain Karakter

Apakah ini merupakan kabar yang cukup mengecewakan buat kalian, atau justru sebaliknya ? Kingdom Hearts 3 sendiri dijadwalkan akan rilis di konsol PS4 dan Xbox One pada tanggal 29 Januari 2019.

Sumber: USGamer


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item