[OPINI] Benarkah Dialog Game Genshin Impact Terasa Panjang Bila Dibandingkan Game Lainnya?

Dialog Game Genshin Impact

Dialog Game Genshin Impact – Salah satu yang menjadi bahan obrolan antar player Genshin Impact adalah bagaimana game tersebut punya lore dan karakter yang bagus, tapi dikekang oleh dialog cerita yang terasa terlalu panjang.

Apalagi dengan jumlah world quest, daily quest, serta character quest yang bejibun, bisa dikatakan banyak player yang mau tidak mau harus terjebak pada ratusan kalimat hanya demi menikmati cerita.

Padahal kalau mau dirapikan, cerita dan dialog di Genshin Impact ini bisa berjalan dengan mulus tanpa membuat pemainnya merasa bosan dengan racauan Paimon atau bahkan eksposisi tidak penting dari karakter lainnya.

Hingga tidak salah jika banyak yang meminta fitur skip cerita diberikan demi terhindar dari jumlah kata yang banyak itu. Tapi, apakah ini benar adanya dan bukan hanya sekadar nitpicking belaka?

Benarkah Dialog Game Genshin Impact Terasa Panjang?

Paimon pun malas baca

Pengalaman penulis memainkan game Genshin Impact sejak hari pertama rilis, memang bagian ini yang masih menjadi poin kelemahan game ini. Narasi serta dialog game yang kebanyakan hanya terkesan menambah jumlah kata ini terkadang membuat penulis terasa bosan.

Apalagi tanpa adanya fitur skip cerita, ditambah pula kondisi mental yang tidak mengizinkan untuk membaca terlalu panjang. Terciptalah perasaan jenuh yang membuat niat bermain terjun dari lantai seratus. Kalau sudah seperti itu, rasanya ingin hiatus dulu beberapa waktu baru ada niatan main lagi.

Terlepas dari membosankan atau tidak, tentu sebenarnya ada alasan mengapa dialog Genshin Impact sengaja dibuat seperti itu. Walau kita tidak pernah mendapatkan jawaban dari HoYoverse, setidaknya kita bisa menerka-nerka kenapa Genshin Impact punya dialog yang panjang.

Alasan Mengapa Dialog Genshin Impact Terasa Panjang

Dialog yang panjang

Alasan yang sederhananya adalah, Genshin Impact merupakan game semua umur. Otomatis sebenarnya jumlah pemain game ini yang masih belia umurnya juga tidak sedikit. Bagi anak kecil, mereka sebenarnya tentu tidak paham maksud tersirat dalam suatu kalimat. Cara developer untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan penjelasan yang lebih mudah dipahami.

Gaya bahasa yang diberikan juga mencerminkan kalau pemahaman sekelas anak kecil 10 sampai 12 tahun pun masih bisa memahami konteks dalam gamenya. Dampaknya ya sesuai yang sudah kita ketahui. Kalimat jadi panjang, dan terlalu memberikan eksposisi berlebih.

Hi vs tl;dr

Ada pula alasan lainnya yang menurut penulis tidak kalah pentingnya merupakan bagaimana sebuah lore ingin dimasukkan dalam dialog. Tentu konteks akan hal ini menjadi panjang lebar agar pembacanya paham dari awal hingga kisah selesai.

Metode ini bisa dikatakan sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, player yang menyukai penjelasan detail akan suatu topik akan suka dengan hal ini, tapi disisi lainnya, player yang lebih suka mencari tahu sendiri akan merasa kalau eksposisi berlebih itu membosankan dan konter-intuitif.

Dialog Panjang Tidak Selamanya Buruk

Salah satu adegan dialog dalam game yang keren

Bahas soal dialog, Genshin Impact pun tidak semuanya terlihat buruk. Ketika mereka berhasil menjalin hubungan yang baik antara dialog dan eksposisi cerita, hasilnya akan sangat berkesan. Terlihat ketika event Irodori tahun lalu spesifiknya pada bagian Kazuha punya dialog yang bagi penulis sangat ngena.

Hingga sebenarnya tidak memungkinkan untuk HoYoverse bisa membuat dialog game yang memang meaningful dan tidak sebatas menambah jumlah kata saja. Walau jumlahnya tidak banyak, setidaknya kita tahu mereka memang sanggup melakukannya.

Bagaimana kalau dialog Genshin Impact dibandingkan dengan game lainnya? Sangat sulit bisa menemukan game yang tidak memberikan skip story sejauh ini, apalagi untuk ukuran game mobile. Hingga untuk mengukur secara tepat rasanya sulit dilakukan.

Harapan kedepannya Genshin Impact tetap bisa mengimplementasikan dialog yang lebih berarti dan tidak perlu bertele-tele. Kalau bisa sih sekalian story skip. Memang bagi mereka yang menyukai cerita akan terus mendapatkan cerita ala Genshin Impact tanpa adanya perubahan.

Tapi, kalau mereka yang memang tidak ingin membaca cerita atau dialog, setidaknya diberikan juga opsi. Bagaimana menurut kalian brott? Apakah kalian setuju dialog di Genshin memang terlalu panjang? Atau malah pas? Coba beri komentar ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version