Diambil Eksklusif Lisensinya oleh PES 2020, Nama Klub Juventus di FIFA 20 akan Berubah


Follow Us

Belakangan, PES sempat menjadi satu game bola yang mengalami penurunan pamor akibat kualitas game FIFA yang kini sudah semakin mengungguli. Selain dari faktor perbandingan mode konten yang dimiliki, lisensi juga menjadi kendala utama PES untuk bersaing dengan FIFA. Namun pada seri PES 2020 yang siap meluncur di tahun ini, Konami sepertinya sudah menyiapkan siasat untuk membuat game FIFA 20 tidaklah sebegitu gemilang menurut perkiraan banyak orang.

Nulis artikel dibayar

Semuanya berawal ketika Konami resmi mengumumkan lisensi kerja sama mereka satu raksasa eropa seperti Juventus. Dibandingkan dengan lisensi yang mereka dapat dari klub Manchester United maupun Bayern Munich, pengakuisisian lisensi dari klub jawara 35 Serie A ini sangatlah begitu spesial. Karena kehadirannya sendiri betul-betul membuat FIFA tidak memliki sedikit pun hak untuk menyertakan secara resmi nama “Juventus” di dalam koleksi roster tim mereka.

 

Ya, kesepakatan lisensi yang diambil oleh Konami terhadap klub Juventus tersebut rupanya bersifat eksklusif. Sehingga pada game FIFA 20 nantinya, EA terpaksa harus mengganti nama klub berjuluk nyonya tua itu menjadi Piemonte Calcio. Meski nama timnya dihadirkan secara fiktif, nama dari para pemain-pemain beserta wajahnya masih tetap akan dimunculkan secara asli. Sehingga pemain sekelas Cristiano Ronaldo pun jelas tidak akan tampil secara generik di sana

BACA JUGA  Konami Tengah Persiapkan Seri Terbaru Silent Hill?

Sementara untuk PES sendiri, mereka telah berhasil menggandeng secara lengkap lisensi klub, pemain, beserta stadion resmi kebesaran seperti Allianz Arena. Konami pun juga menunjuk salah satu bintangnya, yakni Miralem Pjanic sebagai sang Ambassador.

Mengingat klub Juventus memang punya daya jual yang betul-betul tinggi lewat keberadaan nama “Ronaldo”, jelas nampak ini akan menjadi bentuk perlawanan yang cukup menarik PES agar mereka tidak selalu mau mengalah terhadap FIFA. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut sudah dianggap cukup untuk memberikan pengaruh terhadap posisi FIFA yang selalu dikenal serba lengkap dalam menyajikan lisensi ? Karena terutama dalam aspek penyajian konten, masih tetap punya banyak PR untuk bisa secara seimbang menyaingi FIFA.

BACA JUGA  Lead Producer Anthem, Ben Irving Meninggalkan BioWare

Game eFootball PES 2020 dijadwalkan rilis pada tanggal 10 September 2019. Sedangkan FIFA 20 sendiri akan siap rilis di tanggal 27 September nanti. Kedua game tersebut akan hadir di platform-platform curren-gen kesayanganmu.

Sumber: Eurogamer


Baca pula informasi lain terkait PES 2020, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item