Dianggap Mengelabui, Developer ini Dibanned oleh Steam Karena Namai Dirinya “Very Positive”

in , ,
Screenshot 1

Gamer mana yang tidak kenal dengan platform Steam? Salah satu gaming marketplace terbesar di platform PC yang hingga kini masih menjadi andalan bagi para penggunanya. Selain jumlah library game yang cukup besar, Steam juga populer karena berbagai fitur unik yang mempermudah para penggunanya dalam menentukan game yang akan dibeli.

Selain itu, platform milik Valve Corporation tersebut juga memiliki fitur Steam Community yang merupakan suatu forum untuk mendiskusikan hal yang berkaitan dengan game seperti guide, screenshort, artwork dan juga review. Namun, siapa sangka bahwa fitur review pada Steam bisa menimbulkan perkara seperti developer satu ini yang terpaksa harus menghapus gamenya karena dianggap mengelabui.

Developer tersebut namai dirinya “Very Positive” yang merupakan pengembang dari game Emoji Evolution. Seperti yang telah diketahui, Steam miliki sistem review yang terdiri dari Overwhemingly Positive/Negative, Very Positive/Negative dan Mostly Positive/Negative. Hal tersebut tentunya dapat mengelabui para calon pembeli karena letak nama developer dan review saling berdekatan. Terlebih keduanya menggunakan font serta warna huruf yang sama. Sang pengembang pun menentang keputusan Valve yang ia curahkan melalui akun Twitter-nya.

Trik sang developer ini pertama kali ditemukan dalam artikel The GameDiscoverCo Newsletter. Tidak lama semenjak artikel tersebut dipublikasi, Steam langsung menindak developer dan menghapus akunnya dari platform tersebut. Melalui situs Vice, developer menyatakan bahwa ia sengaja namai dirinya Very Positive agar dapat menarik perhatian para calon pembeli. Namun ia tidak mengetahui bahwa hal tersebut dapat menimbulkan masalah hingga gamenya harus dihapus oleh Steam.

Sebelum dihapus, Emoji Evolution sendiri miliki rating Mostly Positive. Namun, saat itu developer berhasil meraup 7,900 followers di Steam, mengalahkan Medal of Honor: Above and Beyond yang rilis dalam waktu yang berdekatan. Hal tersebut membuktikan bahwa trik yang digunakan oleh developer dapat dikatakan berhasil. Tetapi, bagi kalian para developer yang ingin mengikuti trik yang sama sebaiknya tinggalkan saja. Karena suatu game harus dinilai dari kualitas produknya, bukan dari nama developer.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Steam serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.