Dibajak 1,6 Juta Copy, Game Indie Ini Hanya Terjual 300 Ribu Copy

punch club review pc 498754 15

Punch Club adalah game Boxing dari Lazy Bear Games. Baru saja mencapai 300 ribu copy terjual, tentu merupakan suatu kepuasan sendiri bagi developer. Namun kebahagian tersebut juga harus ditutupi rasa sedih melihat game buatan mereka telah dibajak sebanyak 1,6 juta copy pada PC serta mobile.

Hal ini ditunjukkan oleh publisher game tersebut, TinyBuild yang dimana mereka menghitung berapa banyak jumlah copy game ini yang telah dibajak. Jumlah sekarang ini adalah 1,137,000 pada PC serta mac dan 514,000 pada mobile. Mereka juga memberitahukan informasi jika Brazil merupakan negara dengan aktivasi paling tinggi namun jumlah sales nya tetap begitu saja.

Pada akhirnya, jumlah pirated copy setara 80% dari keseluruhan activated copies yang menandakan hanya 20% yang memainkan game ini secara orisinil. Gamespot membuat chart untuk mempermudah melihat masalah ini.

Publisher sendiripun mengakui jika pembajakan memang tak bisa dihindari lagi, namun pemberian DRM baginya hanya akan merepotkan mereka yang membeli ketimbang mengatasi pembajakan.

Exit mobile version