Dibalik Keganasannya, Rajang Punya Proses Mocap yang Konyol di Monster Hunter World

monster hunter world motion capture

Teknologi Motion Capture (mocap) hingga kini masih merupakan sebuah solusi kerap dianut dalam mempoduksi sejumlah game yang membutuhkan banyak modal grafis serta animasi yang meyakinkan. Terbukti cukup banyak game AAA maupun AA yang sering memanfaatkan teknologi yang biasa juga dikerjakan oleh seorang aktor ini dalam menganimasikan langsung suatu peran secara lebih realistik dan cantik, tak terkecuali bahkan untuk game memburu monster sekelas Monster Hunter: World sekalipun.

Banyak dari kalian yang mungkin mengira bahwa proses mocap di dalam game buatan Capcom ini hanya biasa dilakukan untuk para karakter manusia saja. Karena nyatanya, ada satu sosok monster yang ternyata sangat begitu membutuhkan kerja dari teknologi mocap di dalamnya. Meski masih belum diketahui apakah para monster-monster lain juga ikut mendapat suatu perlakuan yang sama, Rajang justru malah terlihat sebagai yang paling spesial bila menyangkut hal ini.


Lewat unggahan video yang ditunjukan oleh pihak akun Twitter resmi game Monster Hunter, Capcom baru saja memperlihatkan proses mocap dari monster ekspansi Iceborne itu yang cukup begitu kocak untuk para audiensnya saksikan. Sebagai monster dengan dasar bentuk yang mirip seperti gorilla, aksi Rajang rupanya benar-benar diperankan langsung oleh seorang aktor mocap.

Dalam video di atas, aktor mocap tersebut terlihat seolah betul-betul dituntut untuk harus sebisa mungkin menunjukan gerakan hingga mimik wajah yang terasa garang demi bisa sesuai dalam merepresentasikan sesosok Rajang. Apalagi ketika ia harus mencoba berimprovasi secara mandiri saat dihadapkan pada sebuah adegan turf war melawan monster Kirin. Dimana animasi dari Kirin sendiri sama sekali tidak diperankan oleh seorang mocap, melainkan oleh seperangkat props yang sudah ditata sedemikian rupa.

Sehingga pekerjaan yang sang aktor ini lakukan boleh dibilang nampak tidak semudah yang dibayangkan. Namun, cukup begitu menarik untuk melihat bahwa hal-hal teknis tersebut rupanya biasa Capcom garap dengan cara yang mungkin dapat mengundang gelak tawa.

Game Monster Hunter World sendiri beserta dengan ekspansi Iceborne-nya kini sudah lama bisa kamu mainkan secara multiplatform di PC (via Steam), PS4, dan Xbox One.


Baca pula informasi lain terkait Monster Hunter World: Iceborne, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version