Dibanjiri Kritik Negatif, Id Software Akan Lepas Anti-Cheat Denuvo di Doom Eternal

in ,

Minggu lalu, Doom Eternal dapatkan update besar pertamanya. Di luar dari konten baru yang game tambahkan, penambahan anti-cheat Denuvo menjadi sorotan utama dari update tersebut. Berfungsi untuk melindungi game dari program cheat yang tentunya adalah hal baik, developer justru dibanjiri kritik negatif dari implementasi anti-cheat baru Denuvo.

Berjalan pada level kernel yang berarti program berjalan pada tingkat tertinggi di OS, banyak pemain klaim bahwa anti-cheat ini membawa lebih banyak masalah ketimbang hal positif terhadap game. Bahkan beberapa program antivirus mendeteksi anti-cheat dari Denuvo sebagai malware karena sifat operasinya.

Banyak yang laporkan performa FPS yang jatuh drastis, game sulit dijalankan, rawan crash, dan berbagai masalah teknis lainnya terjadi setelah update rilis. Bahkan jika masalah tersebut tidak terjadi, banyak yang merasa tidak aman dengan adanya program third-party berjalan pada level kernel dan juga potensi masalah privasi dan keamanan pada PC dapat terjadi apabila program bermasalah.

Melihat protes dan kritik yang tersebar setelah penambahan anti-cheat, ID Software memutuskan bahwa program anti-cheat akan ditarik pada minggu depan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Marty Stratton, produser dari Id Software, lewat Reddit.

Lewat subreddit, Stratton jelaskan bahwa penambahan anti-cheat sebenarnya bermaksud baik yaitu untuk memberikan pengalaman bermain online yang bebas dari kecurangan. Namun ia menyadari bahwa program menyebabkan banyak masalah yang tidak diekspektasi. Banyak pemain laporkan berbagai masalah stabilitas dan teknis terjadi setelah update. Maka dari itu, mereka akan melepas anti-cheat meski belum satu bulan dimanfaatkan.

Stratton juga ingin memastikan komunitasnya bahwa implementasi dari anti-cheat Denuvo ialah keputusan mereka sendiri, bukan dari Bethesda. Sebelumnya banyak yang spekulasi bahwa mereka dipaksa oleh sang perusahaan induk untuk menambahkan anti-cheat.

Anti-cheat denuvo akan dilepas lewat update selanjutnya. Belum ada kepastian tanggal kapan, tetapi Stratton harap dapat dilakukan dalam satu minggu kedepan.


Baca pula informasi lain terkait Doom dan review Doom Eternal kami beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.