Diduga Plagiat Fallout Shelter, Bethesda Gugat Pembuat Game Westworld

Bethesda Lawsuit FI

Menggugat dan kena gugat nampaknya menjadi hal yang sering teradi belakangan ini dalam industri video game. Hampir semuanya disebabkan karena alasan yang sama, yaitu meniru aset dari sebuah game milik developer lain tanpa ijin atau populer disebut plagiat. Seperti pihak PUBG Corp dengan Epic Games misalnya, atau bahkan Moonton dengan Riot. Dan kini giliran Bethesda untuk kembali menghiasi trend tersebut.

Dilansir dari Kotaku, Bethesda mengajukan gugatan terhadap Warner Bros dan Behaviour Interactive pada 21 Juni yang lalu atas sebuah game berjudul Westworld, yang diduga meniru Fallout Shelter. Gugatan tersebut tentunya berisi permintaan ganti rugi dan pemberhentian penjualan game yang baru rilis selama 2 hari tersebut.

Perlu diketahui bahwa Behaviour Interactive juga membantu Bethesda dalam perkembangan Fallout Shelter.



Melalui trailer Westworld diatas, kamu mungkin bisa sedikit melihat kemiripan mulai dari desain game hingga cara bermain game tersebut dengan Fallout Shelter. Dalam gugatannya, Bethesda juga menyatakan bahwa Behaviour Interactive menggunakan kode yang sama dengan Fallout Shelter, sehingga hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran kontrak dengan Bethesda.

Dibawah perjanjian, semua produk Behaviour dalam bentuk apapun, termasuk kode, desain, artwork, layout, aset lainnya dan material untuk Fallout Shelter, dimiliki oleh Bethesda sejak awal…

…, (Behaviour) memanfaatkan akses terbatas kekayaan intelektual milik Bethesda, termasuk kode hak cipta, transaksi rahasia dan hak-hak lainnya…

…, (Westworld merupakan) plagiat terang-terangan dari Fallout Shelter.

—Bethesda

Berikut beberapa gambar yang disertakan Bethesda untuk mendukung gugatannya terhadap Warner Bros dan Behaviour Interactive.


Dalam lampiran gugatannya, Bethesda mencoba menyamakan aset karakter dalam game Fallout Shelter dengan Westworld. Screenshot: Bethesda
Dalam lampiran gugatannya, Bethesda mencoba menyamakan aset layout visual dalam game Fallout Shelter dengan Westworld. Screenshot: Bethesda

Tidak hanya dalam visual, Bethesda juga menyatakan bahwa ada kemiripan dalam pemrogramannya, seperti bug yang muncul dalam game Westworld misalnya, dimana persis dengan bug yang terjadi pada saat perkembangan Fallout Shelter pada tahun 2015 yang lalu.

Kamu yang tertarik untuk melihat detail lampiran gugatan Bethesda terhadap Warner Bros dan Behaviour Interactive bisa langsung kesini.



Tentu hal ini bukan pertama kalinya Bethesda terlibat dalam hal gugat dan digugat, seperti tahun lalu misalnya dimana mereka memenangkan gugatan atas Oculust Rift karena pelanggaran kerjasama, dan pada tahun 2012 dimana mereka memenangkan gugatan atas Mojang karena trademark game dengan nama Scrolls.

Kira-kira bagaimana pendapat kalian? Agaknya sah-sah saja jika Bethesda melakukan gugatan tersebut, mengingat Fallout sendiri merupakan franchise populer dan penting bagi Bethesda.

Exit mobile version