Digugat Hukum Nintendo, Studio Game Mobile Jepang Terpaksa Bayar 430 Milyar Rupiah

4635ea63e9358d93bcd1b1abe5e28f85

Pada bulan Desember 2017 silam, Nintendo gugat hukum studio Jepang Colopl setelah dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta pada game mobile mereka – Shironeko Project. 3 tahun lebih berlalu, kini pihak Colopl menyetujui untuk membayarkan denda sebesar $30 juta atau sekitar Rp 430 milyar.

Shironeko Project, atau disebut juga sebagai Colopl Rune Story, merupakan game RPG free-to-play untuk mobile. Nintendo membuat klaim apabila game tersebut telah melanggar 5 paten mereka, di antaranya ialah sistem yang dianggap mirip dengan “teknologi joystick pada panel sentuh” yang ada pada Nintendo DS wrist strap.

Shironeko Project memiliki mekanik “punicon” di dalam game, dimana pemain menggerakan jari mereka pada panel touchscreen dan mengklik area yang sama untuk menyerang. Secara perspektif, sistemnya memang terkesan sama dengan kebanyakan game Nintendo DS yang dimana layar touchscreen difungsikan sebagai pengganti absennya analog dari handheld tersebut. Game kemudian mengubah sistem kontrol pada Februari 2020.

Nintendo awalnya meminta sebesar $42 juta, kemudian naik menjadi $47 juta karena Colopl dianggap telah terus melakukan pelanggaran selama masa negoisasi yang berlangsung bertahun-tahun. Analis Serkan Toto bahkan menyebut jika Nintendo sempat meminta dua kali lipat lagi yaitu pada $92 juta.

Setelah 4 tahun kasus berjalan, Colopl akhirnya setuju untuk membayar denda sebesar $30 juta pada pernyataan yang dirilis pada 4 Agustus 2021. Colopl menuliskan apabila “sudah menjadi hal terbaik untuk menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin.”

Colopl bukanlah studio yang amat besar, namun telah mendapat beberapa game sukses dan sempat dipercaya oleh Disney untuk membuat beberapa game. Pembayaran denda ini tentu akan berpengaruh pada pendapatan mereka di kuartal 3 tahun ini yang berakhir pada September 2021. Namun mereka yakin apabila tidak akan ada pengaruh besar pada kuartal 4 yang berlangsung dari akhir September hingga seterusnya mendatang.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version