Dihapus Mendadak dari eShop, Cooking Mama: Cookstar Dicurigai Suntikan Program Mining

in ,

Untuk sebuah game sederhana tentang simulasi memasak, Cooking Mama: Cookstar menjadi diskusi terpanas gamer Nintendo Switch saat ini. Bukan karena gamenya sendiri tetapi karena rilis yang “PHP” dan misteri dibalik alasan penarikan game. Game seharusnya dirilis di akhir Maret, tetapi ditunda menjadi awal April dan kini ditarik kembali tanpa alasan yang jelas.

Spekulasi mulai muncul apabila game disisipi dengan program mining cryptocurrency. Spekulasi tersebut muncul dari klaim para pembeli yang mengatakan Switch mendadak panas dan baterai habis dalam waktu yang tidak wajar. Game tidak miliki visual sekelas Breath of The Wild untuk sebabkan kedua hal tersebut terjadi, maka banyak yang menganggap kalau dibalik layar game mengambil banyak processing power Nintendo Switch untuk mining. Pers rilis dari publisher juga menyebutkan kalau game miliki DRM blockchain yang menambah kuat spekulasi netizen akan program mining dalam game.

Melihat game menjadi topik pembicaraan di Twitter dan Reddit, developer memberikan respons kepada Nintendo Everything, membantah rumor yang terus tersebar mengenai game.

“Sebagai developer, kami bisa mengatakan bahwa tidak ada cryptocurrency atau koleksi data atau blockchain atau hal mencurigakan semacam itu di dalam kode game. Nintendo Switch adalah platform yang aman, tidak ada masalah data atau privasi layaknya di mobile atau PC.”

Soal pers rilis dari publisher akan blockchain yang menjadi salah satu alasan munculnya spekulasi ini, developer mengatakan bahwa itu adalah pers rilis tahun kemarin yang tidak pernah dibahas kepada mereka sepanjang pengembangan game.

Data miner mulai beraksi untuk mengecek seluruh isi game dan menurut pengecekan mereka, tidak ditemukan satu pun kode crypto mining di dalam game. Tetapi beberapa masih konfirmasi akan masalah baterai terkuras cepat tiap kali menjalankan game.

Meskipun rumor blockchain dan crypto mining sedikit terungkap ketidakbenerannya, alasan dibalik perilisan labil dan penghapusan Cooking Mama: Cookstar dari eShop masih menjadi misteri saat ini yang dimana developer bahkan tidak mau bahas pada responsnya kepada Nintendo Everything.


Baca pula informasi lain terkait Cooking Mama beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.