Dikaitkan dengan Perjudian, Pemerintah Belgia Ingin Blokir Loot Box dari Eropa

in
Dan game yang terkait dengannya.

Komisi Gaming Belgia baru saja menyatakan (via PCGamer) bahwa game seperti Overwatch dan Star Wars Battlefront II merupakan salah satu bentuk perjudian. Oleh karenanya Belgia ingin blokir game dengan loot box dari Eropa.

Menteri Hukum Belgia, Koen Geens katakan bahwa menggabungkan perjudian dengan video game merupakan hal yang berbahaya baik untuk kesehatan mental maupun untuk anak-anak. Koen Geens ingin blokir microtransaction yang menyediakan hal tersebut (loot box, gacha, dan sejenisnya).

Tidak hanya Belgia saja, hal senada juga dikatakan oleh Pemerintah Hawaii yang mengumumkan bahwa game AAA seperti Star Wars Battlefront II merupakan game yang sama seperti casino (tempat judi, red) bertemakan Star Wars yang didesain untuk mengundang anak-anak untuk menghabiskan uang mereka.



Perwakilan Pemerintah Hawaii, Chris Lee mengatakan bahwa mereka merasa terganggu dengan adanya bisnis game mobile yang kini justru menjamah game AAA buatan studio ternama dengan salah satu IP yang sangat terkenal di seluruh dunia. Ia juga menambahkan bahwa studio tersebut tidak boleh membuat Star Wars “mengajak” anak-anak untuk ikut berjudi.

Lucunya, baru-baru ini saja pemerintah negara ikut turun tangan masalah loot box atau gacha di video game. Padahal, sebelum Star Wars Battlefront II, terdapat Overwatch, Call of Duty Black Ops 3, dan game AAA lain yang sepertinya “tidak membuat banyak orang marah” akan hal tersebut. Namun sepertinya hal ini mulai menjadi perhatian pemerintah karena kerakusan EA sendiri sehingga membuat media non-gaming seperti CNN juga memberitakannya. Bagaimana menurutmu?

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.