Dikritik PewDiePie, Dev Bear Simulator Berhenti Kembangkan Game Lagi

Bear Simulator adalah game hasil dari crowdfunding Kickstarter yang dapatkan dana lebih dari $100.000 dari 4000 orang donator semenjak tahun 2014, Baru saja selesai dikembangkan dan dirilis baru-baru ini, developernya, John Farlay, akan berhenti membuat game setelah update terakhir untuk game ini.

Dia merasakan kalau game buatannya tidak dapatkan kritik yang baik walau dengan “Mostly Positive” review yang dia dapatkan di steam dan “tidak ada skill untuk membuat sesuatu yang lebih baik dari game yang sekarang.”

Farjay harapannya dengan merilis game nya di steam akan membuat nya senang dan berlangsung dengan baik, namun dia merasa menyesal dan bilang jika dia seharusnya rilis saja game itu untuk para backers (donatur) dan tidak lewat steam sama sekali. Dan dia juga menambahkan jika mengembangkan suatu game untuk PC adalah sebuah kesalahan baginya karena terlalu sulit baginya untuk selalu bahagia dan produktif.

Alasan keputus-asaan dia ini dikarenakan “drama” yang tak mau dia bahas dan tidak dia sebut apa yang dimaksud drama tersebut, namun kemungkinan terbesar drama yang dimaksud adalah kritik dari bintang Youtube no.1, PewDiePie yang mengupload video gameplay game tersebut dengan penonton lebih dari 2,5 juta, sayang nya video ini tidak tersedia lagi di channel nya, namun ada uploader lain yang mengupload video tersebut, link akan berada di akhir artikel.

Pada video tersebut, PewDiePie terlihat tidak menyukai game yang dia mainkan dan melihat game tersebut seperti “mencoba ingin sukses seperti Goat Simulator” yang dapatkan $10 juta profit. Game tersebut dia anggap sangat “kosong” dan berkata “semakin lama aku main ini, semakin aku sadar betapa jelek nya (Sh*t) game ini.”

Dan yang paling parah, disaat dia sadar kalau game ini adalah hasil crowdfunding Kickstarter dan dapatkan fund sebesar $100.000, dia langsung mencoba untuk me-refund game ini lewat steam refund.

Bagaimana pendapat anda ? Apakah tindakan PewDiePie terlalu kasar walau sekedar hanya untuk entertaiment penonton nya ? atau Developer harus sadar jika kritik sudah jadi bagian penting dari game development?

https://www.youtube.com/watch?v=YOShcgvQGhA

 

Exit mobile version