Dilepas Beberapa Developer Setelah Dibajak, Berikut Respon dari Denuvo

maxresdefault 97

Dalam beberapa minggu terakhir, id SoftwarePlaydead dan Crytek memutuskan untuk melepas Denuvo dari game mereka. Akan tetapi pihak developer tidak menjelaskan alasan dibalik pelepasan Denuvo tersebut, dan bahkan tak memberi tahu jika Denuvo telah dilepas dari game mereka hingga seseorang di Reddit menyadarinya. Denuvo sebagai developer software anti-tamper tersebut akhirnya buka mulut dan menjelaskan bahwa software tersebut dilepas karena telah “menyelesaikan tugasnya”.

Dilansir dari Kotaku, Perwakilan dari Denuvo yaitu Robert Hernandez menjelaskan:

“Alasan sederhana kenapa Denuvo Anti-Tamper dibuang dari Doom ialah karena software tersebut telah menyelesaikan tugasnya yaitu menjaga game aman dari serangan pembajakkan selama awal-awal rilis. Proteksi pada Doom bertahan selama hampir 4 bulan, yang merupakan pencapaian yang luar biasa untuk game terkenal seperti ini.”

Dirumorkan telah memberikan “refund khusus” ke pihak developer karena proteksi mereka tetap terbajak, Hernandez langsung membantah rumor tersebut. Dia mengungkapkan bahwa mereka tidak menawarkan refund apapun apabila proteksi Denuvo pada game mereka berhasil dibobol dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi mereka punya hak untuk melepas teknologi anti-tamper tersebut kapan saja ketika developer merasa sudah tidak diperlukan lagi atau mereka ingin merilis versi “DRM-free” dari game mereka.

Dalam beberapa bulan terakhir, proteksi Denuvo tampaknya mulai terlihat titik kelemahannya setelah game-game seperti Doom, Inside, Deux Ex: Mankind Divided, Rise of the Tomb Raider dan lainnya berhasil dibajak oleh grup cracker asal Italia yaitu CPY. Melihat fakta tersebut, Denuvo memberika pernyataan bahwa developer harus mengerti jika tak ada yang namanya sistem yang tak bisa dibajak, termasuk Denuvo yang hingga saat ini masih memegang gelar “Sulit dibobol”.

“Kami tak menganggap Denuvo Anti-tamper sebagai sesuatu yang tak dapat dibobol sama sekali. Akan tetapi, tujuan kami adalah menjaga game aman dari pembajakan selama masa-masa krusial penjualannya.”

.

Exit mobile version