Dinilai Minim Fungsi, Microsoft Putuskan Hapus Cortana Pada Platform Mobile Untuk Smartphone Nokia!

cortana android 1280x643

Cortana di Microsoft Launcher untuk Android memang menjadi AI support bawaan, namun nampaknya Microsoft akan segera menghapus Cortana dari Microsoft Launcher. Untuk beberapa bulan mendatang nampaknya kita tidak akan menemukan Cortana lagi dalam Launcher tersebut, terutama pengguna Nokia Android yang akan mendapatkan dampak pasti berkat ketiadaan salah satu AI ikonik milik Microsoft tersebut.

Dari laporan yang dilansir dari Gizchina, Microsoft ingin menghapus Cortana (Windows) karena tidak lagi sesuai dengan fungsi Cortana yang dirilis pada Platform ponsel. Microsoft juga menjelaskan bahwa maksud sebenarnya dari keputusan ini adalah, mereka ingin fokus menggunakan Cortana sebagai Assistant pada aplikasi produktivitas Microsoft 365 seperti Outlook, Skype, dan Tim saja.

Untuk saat ini memang belumlah jelas apakah aplikasi Cortana untuk iOS dan Android akan hilang (selain Smartphone Nokia). Namun, hal tersebut tidak mengherankan karena Microsoft sedang mengerjakan aplikasi Cortana khusus pada Windows 10, jadi bisa dibilang Microsoft ingin fokus ke Windows saja untuk saat in. Hal tersebut didasari karena pengguna Windows beranggapan Cortana lebih cocok dan memiliki fungsi maksimal pada Windows daripada Mobile. Dilain sisi, Cortana pada Smartphone (diluar Nokia) sangat minim digunakan, karena Google sudah memiliki Assistant sendiri yang terkesan lebih umum dan berada pada berbagai macam merek Smartphone, dan tentunya bertabrakan fungsi antara Cortana sendiri dengan Google.


Sumber: Gizchina


Sampai jumpa lagi di Tulisan-tulisan lain dari saya, dan jangan lupa untuk baca Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Exit mobile version