Dinilai Negatif, Twitch Mulai Hapus Satu Persatu Emote “Simp”

in ,

Simp pada dasarnya merupakan kata yang miliki beberapa arti. Namun dalam beberapa bulan ini, kata tersebut mulai beralih menjadi ejekan kepada pria yang terlalu obsesi dan nafsu untuk mencari perhatian wanita.

Karena konotasi yang menjadi negatif serta dianggap sebagai gerakan baru untuk mem-bully individu tertentu, Twitch telah menolak berbagai macam varian emote dengan konteks “simp” didalamnya. Contoh terbaru saat ini ialah yang dialami oleh Federico “Fedmyster” Gaytan, teman dari Pokimane. Pada minggu ini mendapat pesan dari Twitch bahwa emote-nya “FedSimp” baru saja dihapus oleh Twitch karena alasan “bullying dan mengganggu target tertentu.”

Streamer lain seperti Joey Kaotyk dan Khaos juga mengalami hal serupa. Sama seperti Gaytan, ia merasa bahwa “simp” menjadi lelucon yang sering dibagikan olehnya dan komunitasnya tanpa konteks ujaran kebencian ke kelompok atau individu tertentu. Namun pada akhirnya, ia tidak bisa melakukan apa-apa pada keputusan Twitch dan relakan emote favoritnya untuk hilang dari channel.

Meskipun agresif dalam memusnahkan “simp” dari Twitch, beberapa channel masih berhasil menghindari emote mereka dihapus, dan beberapa baru temukan emote-nya dihapus setelah dilapor massal oleh penonton. Wraithyn saat ini masih miliki emote-nya sejauh ini, sedangkan J. Cyrus baru saja laporkan kehilangan emote simp miliknya karena dilapor oleh penonton.

Banyak streamer berpendapat bahwa Twitch berlebihan menanggapi populernya “simp” sebagai slang baru. Mereka merasa bahwa masih banyak emote yang miliki konteks rasisme dan konotasi negatif yang lebih parah namun tidak ada perlakuan sama sekali layaknya emote simp.


Baca pula informasi lain terkait Twitch kami beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.