DirectX – Pengertian, Fungsi, dan Sejarahnya yang Harus Kamu Ketahui

Directx

DirectX – Terlepas kalian gamer atau content creator, mungkin kalian masih asing atau awam dengan istilah satu ini. Wajar, mengingat ini adalah sebuah fitur yang tentunya tak asing terutama untuk para game developer dan aplikasi multimedia. Sedangkan, yang kita ketahui hanya merupakan syarat untuk main game atau menjalankan aplikasi saja.

Pada kesempatan kali ini, kami akan coba ajakmu membahas apa sih yang dimaksud dengan DirectX yang umum digunakan pada perangkat komputer atau laptop yang kalian gunakan saat ini.

Apa Itu DirectX?

Ikon fitur yang ikonik

DirectX adalah application programming interface atau API yang dikembangkan oleh Microsoft untuk memudahkan pengembangan aplikasi multimedia, khususnya yang erat kaitannya dengan olah visual dan pada sistem operasi Windows.

Dikarenakan hampir semua aplikasi memiliki graphic user interface alias GUI, tentu saja hal kehadiran fitur ini akan senantiasa dibutuhkan oleh pengembang, karena memudahkan pemakainya menjalankan aplikasi dan game tanpa kendala.

Fungsi DirectX

Banyak fungsi dan kegunaannya

Fungsi utama dari fitur ini ialah untuk menyederhanakan antarmuka atau interface yang memungkinkan hardware dan software senantiasa sinkron. Entah itu untuk menjalankan aplikasi, atau game, sinkronisasi ini akan menciptakan kestabilan dan kenyamanan saat kita menjalankannya.

Fitur ini terdiri dari komponen inti, di antaranya adalah Direct3D untuk olah grafis 3D, Direct2D untuk olah grafis 2D, DirectSound untuk pemrosesan suara, DirectInput untuk memastikan sinkronisasi antar perangkat input tanpa masalah, dan masih banyak lainnya.

Lanjut ke poin utamanya, kita akan mulai membahas sejarah dari fitur yang wajib ada pada komputer atau laptop yang kalian miliki.

Sejarah DirectX

DirectX memiliki sejarah yang termasuk panjang dalam perkembangan industri game dan multimedia loh, brott. Di mana fitur ini kali pertama diperkenalkan pada Microsoft pada tahun 1995, bertujuan untuk menyediakan kemudahan secara terstruktur bagi para pengembang game dan aplikasi.

DirectX 1.0 adalah fitur perdana yang diimplementasikan raksasa Microsoft pada sistem operasi mereka kala itu, Windows 95. Di mana waktu itu, fitur ini masih terdiri dari tiga komponen utama, di antaranya DirectDraw, DirectSound, dan DirectInput.

Masih ingat dengan ikon yang ini?

Ini merupakan langkah awal dari Microsoft dalam menyediakan aplikasi yang memungkinkan para pengembang untuk memanfaatkan perangkat keras yang ada pada masanya dengan lebih baik dan efisien. Karena bila tidak ada dukungan software yang baik, maka hardware yang bagus pun akan percuma.

Pada tahun 1999, Microsoft meluncurkan versi ketujuh yang merupakan lompatan terbesar dalam pengembangan fitur untuk sinkronisasi hardware dan software tersebut. Mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar istilah Hardware Transform and Lighting (T&L)? Nah, itulah dia salah satu inovasi terbaik yang dilakukan oleh Microsoft kala itu.

Salah satu contoh hardware and lighting

Di mana melalui fitur tersebut, kita disuguhi pemrosesan grafis yang lebih cepat dan realistis ketimbang versi sebelumnya. Untuk selanjutnya dilanjutkan dengan versi kedelapan yang luncur pada tahun 2000, membawa banyak sekali perubahan dengan ditambahkannya DirectSound3D, DirectMusic, dan DirectShow ke dalamnya.

Selanjutnya, versi kesembilan alias 9.0 yang meluncur pada tahun 2002, kembali membawa perubahan dengan meningkatkan batas atas olah visual dan kinerja yang lebih baik, bahkan sampai menjadi yang terpopuler pada masanya, khususnya di kalangan pengembang game, yang mana kala itu ramai diwujudkan, contohnya game online macam Seal Online.

Game online semacam Seal Online memanfaatkan DirectX 9

Tahun demi tahun, dan pembaruan demi pembaruan dilakukan untuk menyempurnakan fitur yang amat penting untuk sistem operasi tersebut. Tidak butuh waktu lama, sampai pada akhirnya muncul versi selanjutnya, sampai yang umum kita gunakan saat ini, DirectX 9, DirectX 11, dan DirectX 12.

Di mana melalui fitur terbarunya saat ini, kita dapat melihat dukungan ray trace melalui DirectXRayTracing (DXR). Walau mungkin saat ini masih terbatas, tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi salah satu fitur penentu perkembangan dari fitur yang dikembangkan oleh Microsoft.

Download DirectX End User Runtime

Menjamin aplikasi lancar dengan DirectX Download

Sebenarnya tidak sulit untuk mendownload atau memasang fitur ini, karena saat ini, manufaktur telah menyertakan fitur ini pada software instalasi hardware yang kalian miliki. Contohnya saja driver AMD Adrenaline 20.0.00, yang mana fitur ini akan terpasang secara otomatis tanpa harus kita download secara terpisah.

Namun, pada kasus tertentu, terutama yang memakai komputer atau laptop dengan spek kentang tentunya harus men-download fitur ini secara terpisah, yang mana caranya akan kami jabarkan di bawah:

Walau cukup mudah, namun kamu harus kembali pastikan spek komputer atau laptop yang kalian gunakan, karena standar sistem operasi yang masih didukung adalah Windows XP Service Pack 2. Satu hal, jangan utak-atik kolom bahasanya yah, brott!

Jadi, itulah dia DirectX, sebuah fitur yang bolehkan kita sinkronisasi perangkat lunak dan keras supaya dapat hadirkan tampilan yang memukau pada layar. Tentunya, dunia komputer akan menjadi monoton bila tidak ada sesuatu yang menarik secara visual, karena bila Microsoft tak implementasikannya, yang kita lihat hanya barisan teks saja di layar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version