Direktur Final Fantasy XIV Tidak Suka Gamenya Dibanding-Bandingkan dengan World of Warcraft

Naoki Yoshida Final Fantasy XIV World of Warcraft

Game Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) buatan Square Enix berjudul Final Fantasy XIV sangat populer dikalangan para gamer. Game ini dimainkan tidak hanya di Jepang saja, juga dimainkan oleh gamer di berbagai negara. Karena kepopulerannya, pemain banyak yang membandingkan Final Fantasy XIV dengan World of Warcraft. Namun hal itu tidak disukai oleh sang Direktur FFXIV, yaitu Naoki Yoshida.

Naoki Yoshida, Direktur Game Final Fantasy XIV Tidak Suka Dibandingkan dengan World of Warcraft

Direktur Final Fantasy XIV Tidak Suka Gamenya Dibanding-Bandingkan dengan World of Warcraft 5

Informasi ini berasal dari acara live streaming Final Fantasy XIV beberapa waktu yang lalu. Dalam sebuah pembicaraan, sebuah pertanyaan diberikan kepada Naoki Yoshida, selaku Direktur Final Fantasy XIV. Naoki Yoshida diberikan pertanyaan mengenai tanggapannya mengenai para pemain membanding-bandingkan FFXIV dengan game MMORPG dari Blizzard, yaitu World of Warcraft (WOW). Bahkan game FXIV dianggap telah mengalahkan WOW.

Naoki Yoshida mengatakan bahwa dia tidak merasa game mereka telah mengalahklan WOW. Dia justru memberikan rasa hormat kepada WOW dan Blizzard. Tanpa World of Warcraft, maka tidak akan ada ekspansi Final Fantasy XIV berjudul A Realm Reborn.

Bagi dia dan tim, WOW sebagai inspirasi game mereka, seperti desain game yang telah mengubah genre MMORPG.

WOW Versi Square Enix

Direktur Final Fantasy XIV Tidak Suka Gamenya Dibanding-Bandingkan dengan World of Warcraft 6

Naoki Yoshida juga mengatakan bahwa dia dan tim ingin membuat sebuah game seperti World of Warcraft versi Final Fantasy. Dia merasa Final Fantasy XIV saat ini masih jauh jaraknya untuk bisa menyaingi WOW. Ibaratkan FFXIV berada di posisi bawah sementara WOW sudah berada di puncak Gunung Everest.

Naoki Yoshida merasa dia sedikit kesal ketika game-nya dibilang sudah mengalahkan World of Warcraft oleh para pemain. Dia sudah cukup senang jika para pemain dan penggemar mengucapkan “tetap semangat” kepadanya dan seluruh anggota tim developer FFXIV.

Tentang Final Fantasy XIV

Direktur Final Fantasy XIV Tidak Suka Gamenya Dibanding-Bandingkan dengan World of Warcraft 7

Final Fantasy XIV adalah game MMORPG yang rilis pertama kali pada tahun 2010 untuk platform PC. Game ini dikembangkan dan dirilis oleh Square Enix. Final Fantasy XIV menjadi game ke-14 dalam seri Final Fantasy dan game online ke-2 setelah FFXI.

Cerita dimulai di dunia Eorzea, dimana pemain menelusuri berbagai tempat dan terjebak dalam sebuah invasi dari kerajaan Garlean dan ancaman dari Primals, sesosok dewa yang berasal dari suku Beastmen. Pada akhirnya rencana dari Garlean Legatus untuk menghancurkan Primals dengan membawa Bulan jatuh ke Eorzoa.

Itulah informasi mengenai Naoki Yoshida, Direktur Final Fantasy XIV tidak suka game-nya dibanding-bandingkan dengan game World of Warcraft. Memang kurang bijak membanding-bandingkan suatu game dengan game lain. Karena setiap game pasti memiliki ciri khas mereka masing-masing meskipun memiliki genre yang sama.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Final Fantasy XIV, World of Warcraft atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version