Ditegur Soal “Aturan” Garansi, Sony dan Nintendo Akhirnya Merevisi Kebijakan Mereka

PS4 repair 1024x768

Aturannya menjadi jauh lebih fleksibel ?

Beberapa waktu yang lalu, kami sempat memberitakan mengenai beberapa produsen konsol yang menerapkan kebijakan dimana kalian tidak diperbolehkan untuk membuka tutup konsol yang kalian sudah beli. Karena dapat merusak segel garansi yang sudah tertempel di konsol kalian tersebut, sehingga secara otomatis hak-hak kalian untuk mengajukan garansi di gerai-gerai resmi terkait sudah hangus.

Menariknya, kebijakan penetapan stiker “bergaransi” ini rupanya dianggap ilegal di US. Dari sana saja, FTC sebagai salah satu badan yang bertugas untuk melindungi hak-hak dan kepentingan para konsumen memberikan teguran keras kepada para korporat yang memberlakukan aturan garansi seperti itu. Peringatan dari FTC ini nampaknya benar-benar dianggap serius oleh para pihak-pihak yang tertegur.


Sony sendiri misalnya, mulai saat ini mereka sudah tidak lagi membebankan konsumen tentang segel atau stiker yang dapat menghapus hak-hak mereka dalam mengajukan garansi. Namun, bukan berarti bila konsumen bisa seenaknya menyalahgunakan wewenang garansi yang dimilikinya kepada pihak produsen. Di sini, Sony memberikan kesepakatan bahwa garansi produk bisa hangus apabila produk tersebut terbukti mengalami kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian dari pihak ketiga (jasa reparasi lokal).

Lalu Sony juga menginfokan bahwa Konsumen sama sekali tidak dibebankan biaya sepeserpun ketika menerima pengiriman kembali suatu produk yang sudah diperbaiki oleh pihak produsen, dengan catatan apabila produk tersebut masih berada dalam masa garansi. Aturan ini sebenarnya dari dulu sudah lama diberlakukan oleh Sony, hanya saja belum sempat dicanangkan secara tertulis di bagian kesepakatan garansi.

Sedangkan untuk Nintendo, setelah sebelumnya mereka menolak pengajuan garansi jika para konsumen membeli produk Nintendo dari gerai-gerai yang tidak diakui secara resmi oleh Pihak Nintendo. Sekarang mereka akhirnya hanya memberi kesepakatan bahwa garansi di produk Nintendo bisa hangus apabila produk tersebut terbukti rusak karena kesalahan dari pemakai dan pihak ketiga.


Namun ada satu hal yang perlu kalian tahu, kebijakan terbaru mengenai garansi di atas sayangnya hanya berlaku untuk wilayah US dan Canada saja.

Sumber: Sony, Nintendo

 

Exit mobile version