Ditemukan Celah Keamanan Yang Berbahaya Pada Aplikasi Google Camera


Sebuah kabar tentang celah keamanan yang berbahaya kembali ditemukan pada aplikasi-aplikasi buatan Google. Celah keamanan ini terdapat pada aplikasi buatan Google yaitu Google Camera, G-Cam biasa orang menyebutnya adalah sebuah aplikasi kamera buatan Google yang di instal pada ponsel-ponsel Android.

Laporan mengenai celah keamanan ini pertama kali dilaporkan oleh  Checkmarx. Dalam laporan tersebut dikatakan jika celah keamanan ini diketahui menjangkiti aplikasi Google Camera di sejumlah ponsel Pixel buatan Google sampai ponsel-ponsel buatan Samsung.

Menurut Checkmarx, mereka menyebut jika jumlah ponsel yang terimbas celah keamanan ini mencapai ratusan juta unit. Para peneliti dari Checkmarx menjuluki celah keamanan ini dengan nama kode CVE-2019-2234, jika ada hacker atu peretas menggunakan celah keamana ini, memungkinkan mereka untuk bisa mengontrol aplikasi kamera dari jauh, mereka dapat mengontrol mulai dari mengambil foto hingga merekam video.

Tak hanya bisa mengontrol kamera saja, celah keamanan ini juga memungkinkan peretas untuk  bisa mengakses kartu memori pengguna secara bebas, serta memantau lokasi pengguna berdasarkan data GPS (location tag) yang tercantum di dalam sebuah foto. Dalam menjalankan aksinya, celah keamanan ini melakukanya secara diam-diam sehingga pemilik ponsel yang terinfeksi tak akan sadar.

Terkait masalah celah keamanan ini, Google meminta kepada para pengguna untuk tetap tenang, mereka mengatakan jika celah keamanan ini telah ditambal dan  paket penambal celah keamanan ini sudah disebar kepada para vendor ponsel sejak Juli lalu. Untuk ponsel keluaran Google sendiri, kalian hanya perlu mengupdatenya melalui Play Store saja.

“Kami menghargai Checkmark atas perhatian yang diberikan dan bekerja sama dengan Google dan mintra Android untuk mengkoordinasikan celah keamanan ini” Ujar Google.

“Masalah ini telah diatasi pada perangkat Google yang terkena dampak melalui pembaruan Play Store ke Aplikasi Google Camera pada Juli 2019. Paket penambal celah keamanan juga telah dibuat tersedia untuk semua vendor.” dikutip Gamebrott dari The Nex Web, Kamis, (21/11/2109)

 

Sumber : The Nexweb


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format