Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Review Dead Cell, IGN Akhirnya “Pecat” Reviewernya

in , ,

Kabar kurang menyenangkan datang dari salah satu media barat terkenal yaitu IGN. Dimana seorang youtuber melayangkan tuduhan kepada IGN atas dugaan plagiarisme atas Review Dead Cells miliknya. Dead Cells yang baru saja keluar dari fase early access memang merupakan game indie yang cukup menjanjikan dengan genre Metroidvania. Bersamaan dengan tuduhan ini akhirnya IGN, pada selasa malam kemarin mengumumkan untuk memberhentikan sang reviewer yang bermasalah tersebut.

Awal Cerita

Kasus ini berawal dari sengketa antara sebuah channel youtube kecil bernama Boomstick Gaming dengan IGN website gaming yang cukup besar. Melalui sebuah video berjudul “IGN Copied my Dead Cells Review: What do i do?” dalam video tersebut ia mengkomparasikan video review Dead Cells miliknya dengan video review milik IGN. Kalian bisa melihat secara full dalam video dibawah ini.

 

Pada video tersebut sang youtuber Boomstick mengkomparasikan beberapa bagian dari video review IGN yang dirasa mirip dengan review miliknya. Banyak poin-poin pada tiap kalimat dalam video tersebut memang menggunakan pemilihan kata dan urutan-urutan yang berbeda, namun nampaknya masih memiliki ide yang sama. “Seluruh struktur dalam videoku telah di ditiru dan banyak kalimat yang juga hampir sama” menurut deskripsi video Boomstick “hanya diganti-ganti sedikit ala anak sekolahan guna terhindar dari plagiarisme”.

Pernyataan Resmi dari IGN

Video ini telah menyita perhatian sebanyak 700 ribu pasang mata yang menyaksikan fakta ini. Artikel asli review Dead Cells milik IGN sendiri  juga telah dibanjiri komentar negatif oleh banyak orang. Didalam artikel  review dan juga Twitter resmi milik IGN, juga dilampirkan sebuah pernyataan resmi mengenai kasus ini.

Setelah menginvestigasi mengenai masalah ini, nampaknya IGN mengakui adanya “kesamaan makna” pada review Dead Cells miliknya, “Setelah melakukan investigasi, kami memutuskan bahwa ternyata terdapat kesamaan secara substansial antara review yang keluar seminggu lalu dengan review milik kita,  hal tersebut tidak bisa dibenarkan”. Setelah menceritakan seberapa serius mereka memproses setiap review mereka, IGN juga menutup pernyataan tersebut dengan menyatakan akan memecat penulis terkait karena reviewnya tak dapat diterima. IGN sendiri mengaku akan mereview ulang gamenya dan merilis review tersebut kembali.

Bagaimana pendapat kalian brott soal kasus Plagiarisme yang dilakukan oknum penulis dari IGN?

Source : Boomstick Gaming, Via The Verge

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person