Dituduh Membajak Game PC, Nenek Berusia 86 Tahun Ini Terancam Denda Rp65 Juta

gykn7qmwejs2yrpdprlk

Banyak orang biasanya mengabaikan soal peringatan tentang mendownload konten milik orang secara illegal, namun nenek di Kanada ini malah bernasib lain. Nenek satu ini mendapatkan denda sebesar $5000 atau sekitar Rp65 juta karena dianggap telah mendownload game Metro 2033, game yang dia bahkan tak tahu sama sekali.

Christine McMillan, nenek berumur 86 tahun ini mendapatkan 2 email pemberitahuan dari lembaga perlindungan IP (Intellectual Property) di Kanada karena dianggap telah mendownload secara illegal game FPS dari 4A Games. Reaksi dari McMillan tentu saja terkejut dan juga bingung, melihat dia tidak ada ketertarikan untuk bermain video game, khususnya game tentang perang di latar post-apocalyptic seperti Metro ini.

“Saya sangat terkejut… Saya sudah berumur 86 tahun. Tak ada orang lain yang mengakses komputer ini selain saya. Untuk apa saya men-download game perang?”

Kalian tentu setuju dengan ucapan nenek satu ini, melihat orang tua dan juga video game bukanlah dua hal yang saling cocok satu sama lain. McMillan mengungkapkan bahwa dia memang tinggal bersama cucunya, namun tak dia izinkan untuk mengakses komputernya.

Kemungkinan terbesar saat ini tentu saja adalah ada seseorang menggunakkan IP address dari nenek ini untuk mendownload game tersebut. Ditambah dengan tempat tinggal nenek ini berada di apartemen, siapa saja bisa menggunakkan IP orang lain dengan mudah apalagi jika yang punya adalah nenek berumur 86 tahun.

Dan soal denda $5000 tadi, nenek ini diharuskan untuk membayar denda tersebut walau belum pasti jika benar-benar dia yang melakukan “kerusakan” ini. McMillan mengatakan jika dia bahkan tidak diberitahu secara detil apa yang sebenarnya dia “curi” dan juga tidak diselidiki kembali apakah dia benar-benar pelaku dari masalah ini, dia begitu saja dimintai uang $5000 yang bisa dia bayar dengan memasukkan nomor kreditnya.

Tentunya tuduhan serta denda ini sangat tidak diterima oleh McMillan, dia hingga sekarang belum membayar denda tersebut karena merasa tidak bersalah. Untuk sementara, dia hanya akan mengabaikan peringatan-peringatan tersebut dan berharap masalah ini akan “musnah” di hari kedepannya.

Source: CBC News

Exit mobile version