DLC Baldur’s Gate 3 dan Rencana Baldur’s Gate 4 Dibatalkan oleh Larian Studios

DLC Baldur's Gate 3

DLC Baldur’s Gate 3 – Game Baldur’s Gate 3 mendapatkan banyak respon positif dari gamer sejak dirilis pertama kali pada 3 Agustus 2023 yang lalu. Bahkan game buatan Larian Studios ini telah mendapatkan banyak penghargaan dalam ajang video game, termasuk Game of the Year 2023.

Dengan kesuksesan gamenya, tidak heran jika Gamer ingin game tersebut mendapatkan konten tambahan berupa DLC. Namun tampaknya kalian akan sedikit merasa kecewa mengenai konten DLC game ini.

Alasan DLC Baldur’s Gate 3 dan Rencana Baldur’s Gate 4 Dibatalkan oleh Larian Studios

Kenapa DLC BG3 dan rencana BG4 dibatalkan?

Dalam acara GDC 2024, Swen Vincke selaku Director Baldur’s Gate 3 mengumumkan bahwa timnya tidak akan membuat konten DLC, Expansion maupun sekuel gamenya. Meskipun mengatakan hal tersebut, namun sebenarnya sang Director dan tim developer Larian sebenarnya telah memulai mengerjakan konten DLC bahkan rencana poten membuat Baldur’s Gate 4.

Berdasarkan pernyataan dari Swen Vincke, alasan kenapa konten DLC Baldur’s Gate 3 dibatalkan termasuk rencana sekuel gamenya adalah dia dan timnya merasa ada yang salah. Itu karena tim developer sebenarnya belum menyelesaikan game ini dan jika langsung lompat untuk membuat sesuatu yang baru, mereka merasa ada yang salah.

Selain itu dia merasa jika ingin membuat game sekuelnya berdasarkan D&D edisi terbaru, akan sangat sulit dilakukan. Karena beberapa sistem baru yang ada di edisi tersebut membutuhkan banyak waktu dimasukkan ke dalam game. Belum lagi dengan segala keterbatasan yang ada di D&D tersebut.

Swen Vincke

Berikut ini pernyataan dari Swen Vincke sang Director.

Karena semua kesuksesan ini, tentu saja akan membuat konten DLC, jadi kami mengerjakannya. Kami bahkan mulai memikirkan Baldur’s Gate 4. Tapi kami benar-benar belum menyelesaikan BG3 dan langsung lompat mengerjakan yang baru rasanya ada yang salah.

Kami juga sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengubah sistem ke dalam video game dan kami ingin membuat sesuatu yang baru. Ada banyak keterbatasan dalam membuat D&D, dan edisi ke-5 memiliki sistem yang tidak mudah dimasukkan ke dalam video game.

Kami sudah memiliki semua ide sistem combat baru yang ingin kami buat untuk dicoba dan itu semua tidak cocok.

Swen Vincke, Director Baldur’s Gate 3

Ketika membahas mengenai DLC, Vincke mengatakan kalau Larian telah melalui banyak hal dalam mengerjakan game ini. Dia menjelaskan bahwa timnya melakukan ini karena mereka semua merasa itu harus dilakukan, tapi rasanya tidak datang dari hati mereka.

Sang Director menambahkan Larian adalah studio game yang datang dari hati. Hal itulah yang membuat mereka merasa menderita dan juga menjadi alasan dari kesuksesan yang telah mereka capai.

Larian Studios Merasa Bahagia

Loh, kenapa mereka bahagia?

Meskipun konten DLC Baldur’s Gate 3 sudah dipastikan telah dibatalkan, namun tim developer merasa tidak kecewa. Swen Vincke justru mengatakan dia dan timnya merasa bahagia karena mengambil keputusan ini. Kenapa?

Dengan adanya rencana membuat game baru, Larian Studios merasa mereka telah melakukan apa yang mereka bisa lakukan untuk Baldur’s Gate 3 dan membiarkan developer lain melanjutkan legasi game ini.

Pada awalnya Vincke merasa bakal ada protes dari timnya, namun ternyata tidak. Setelah dia memutuskan untuk membatalkan proyek kedepan Baldur’s Gate ke timnya, dia melihat banyak wajah bahagia dari mereka. Dia tidak menyangka kalau dia dan timnya memiliki perasaan yang sama ingin membuat game baru selain Baldur’s Gate 3.

Baldur’s Gate 3

Sang Director menekankan kalau dia dan timnya sama sekali tidak ada rasa kurang suka atau protes mengenai Baldur’s Gate 4 maupun konten DLC Baldur’s Gate 3. Dia menjelaskan kalau timnya tidak ada niat untuk membuatnya karena itu justru menjadi pekerjaan biasa ketimbang merasa antusias membuatnya.

Jadi dengan antusias tinggi ingin membuat game baru, Larian Studios punya banyak hal besar yang harus mereka kerjakan dalam beberapa waktu kedepan.

Itulah informasi mengenai konten DLC Baldur’s Gate 3 dan rencana game sekuelnya dibatalkan oleh Larian Studios karena alasan tertentu. Bagaimana menurut kalian dengan hal ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait BG3 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version