DLC Satu Kali Pakai Serta Microtransaction pada Deux Ex : Mankind Divided Membuat Marah Para Fans

DXMD 2015 10 08 1stHandsOn screen ONLINE 024.0

Deus Ex : Mankind Divided yang merupakan seri terbaru dari franchise game bergenre stealth cyberpunk ini baru saja dirilis beberapa hari yang lalu. Walau game ini mendapatkan resepsi yang positif dari di Metacritic untuk gameplay fun serta banyaknya improvement ketimbang game sebelumnya, hal yang tak sama tak terjadi kepada para pemain, khususnya mereka yang telah pre-order game ini.

Bagi yang telah pre-order game ini sebelum rilis akan mendapatkan Covert agent pack yang berisikan beberapa senjata, outfits dan upgrade exclusive. Item-item ini diletakkan pada storage space in-game yang bisa ditransferkan kedalam inventory pemain. Namun yang tak diketahui oleh para pemain adalah dlc ini hanya bisa dipakai satu kali.

Square Enix mengubah dlc ini menjadi “Augmented Covert Agent Consumable Pack”, yang berarti sekalinya pack ini digunakkan oleh pemain, pack tersebut akan hilang selamanya dan tak akan muncul kembali jika pemain memutuskan untuk memulai game baru lagi. Tentu saja, mereka yang pre-order marah dan merasa tertipu oleh Square Enix.

Developer mencoba untuk menjelaskan ini lewat Reddit.

“Halo semuanya, jadi begini yang sebenarnya terjadi.

Consumables pack (Praxis kits, ammunisi, uang, bahan crafting) adalah item yang dipakai satu kali. Item ini akan berada di sesi storage pada inventory Anda, hingga Anda memutuskan untuk menggunakan item tersebut. Sekalinya Anda gunakan, item ini akan ‘terkonsumsi’ untuk playthrough Anda sekarang, dan tak bisa lagi dipakai. Consumable item ini berkerja seperti ini karena paksaan pihak pertama.

Durables (Senjata, Skin, Augmentasi) bukanlah item sekali pakai. Item ini secara otomatis akan tersedia untuk seluruh playthrough Anda, setelah didowload dan diinstal.”

Penjelasan ini membuat pemain makin bertanya dan marah dengan istilah “consumable pack” yang disebutkan oleh developer. Dan ya, seperti yang kamu kira, game ini memiliki microtransaction. Deus Ex : Mankind Divided, game $60 dengan season pass dan day-1 dlc yang juga bisa dibeli sekarang memiliki microtransaction untuk membeli in-game credits, Praxis Kits dan lain-lain.

Keberadaan microtransaction ini membuat fans dari Deus Ex merasa sangat kecewa dan marah. Walau kebanyakan dari mereka tak akan membeli apapun dari microtransaction ini, mereka menganggap game menjadi tidak balanced dan merasa Square Enix terlalu rakus ingin meraup kantong pemain lebih dalam lagi. Mereka juga merasa kalau keberadaan microtransaction inilah yang membuat pre-order dlc mereka menjadi “consumeable item” yang mereka sebutkan.

Developer kembali mencoba untuk menjelaskan masalah ini lewat Reddit.

“Kami telah membaca komentar kalian, dan kami hanya ingin mencoba kembali untuk menjelaskan masalah ini . Kami belum, dan takkan pernah, merusak balance di game secara langsung dengan microtransaction. Game kami telah seimbang 100% tanpa harus memerhatikan keberadaan microtransaction di store kami.”

Walau telah dijelaskan demikian, fans tetap merasa kecewa dengan keputusan developer. Pada saat ini, di Steam sedang dalam posisi “mixed” pada sesi reviewnya (64% positif dari 3700 review) yang kebanyakan dari negatif review ini dikarenakan keberadaan microtransaction serta dlc satu kali pakai ini.

Deus Ex : Mankind Divided juga mengalami masalah performa pada PC mulai dari frame rate yang sering turun, mereka yang memiliki mid-high tier PC mengalami masalah performa yang terpaksa bermain di setting yang lebih rendah, tak ada opsi untuk mematikan mouse acceleration yang membuat beberapa pemain merasa aneh dalam menggerakan control mouse mereka, dan juga crash pada bagian awal game.

Apakah Square Enix dan developer terlalu rakus ingin meraup kantong para pemain? Apa pendapat brott dengan keberadaan microtransaction di game full-price seperti ini khususnya yang single player?

Exit mobile version